Beranda Akses Tata Cara Menuliskan Surat Pengunduran Diri

Tata Cara Menuliskan Surat Pengunduran Diri

ARTIKEL, AksesNews – Banyak hal yang jadi pertimbangan untuk mengembangkan diri, salah satunya adalah pindah perusahaan. Keluar dari perusahaan yang sekarang belum tentu karena kurang cocok. Bisa saja karena ingin men-challenge diri sendiri untuk lebih upgrade atau bisa saja karena ingin menggapai perusahaan impian.

Untuk itu, wajib hukumnya Anda membuat surat pengunduran diri. Surat pengunduran diri merupakan hal yang wajib Anda lakukan jika ingin resign dari tempat kerja Anda sekarang.

Terdapat beberapa aturan yang wajib Anda ikuti untuk menulis surat pengunduran diri. Simak ketentuannya dibawah ini!

Unsur dalam Surat Pengunduran Diri yang Baik

Terdapat unsur-unsur dalam surat pengunduran diri yang Anda tuliskan. Kira-kira apa saja?

1. Tujuan yang logis
Jelaskan alasan Anda dengan singkat dan jelas. Pastikan Alasan Anda juga logis tanpa menyakiti perusahaan Anda sekarang. Misalnya, Anda resign karena memiliki impian untuk mengembangkan diri di tempat lain karena merasa cukup berkembang di perusahaan saat ini.

2. Menggunakan kata-kata yang sopan
Rangkailah kata-kata yang sopan dan penuh hormat. Bagaimanapun, perusahaan Anda saat ini telah menerima Anda dengan sangat baik di awal sehingga keluarlah juga dengan baik.

Patut diingat bahwa koneksi dunia kerja sangat sempit dan penting. Apalagi jika Anda hendak masuk ke perusahaan mantan client atau anak perusahaan, tim HR saling terkoneksi sehingga nama Anda pastinya sudah mereview kinerjanya dahulu.

3. Cantumkan identitas diri yang jelas
Nama, alamat, dan jabatan wajib Anda cantumkan sebagai data perusahaan dan informasi yang mendetail. Gunakan nama lengkap, sisipkan alamat yang saat ini Anda tinggali jika berbeda dari KTP, serta jabatan terakhir sebelum Anda tinggalkan.

4. Ucapkan terima kasih dan mohon maaf
Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih telah memberikan ruang untuk belajar dan berkembang serta mohon maaf atas kesalahan yang pernah Anda perbuat baik sengaja maupun tidak sengaja.

5. Minta performance review selama bekerja
Anda dapat meminta reference letter atau performance review selama Anda bekerja. Hal ini dapat membantu Anda dalam melampirkan dokumen pendukung sebagai pertimbangan tim HR dalam memilih Anda untuk bergabung dalam perusahaan tersebut.

Urutan dalam Penulisan Surat Pengunduran Diri

Setelah mengetahui unsur dalam surat pengunduran diri, berikut contoh yang dapat Anda aplikasikan:

1. Header
Mulai dengan tempat dan tanggal Anda membuat surat pengunduran diri, kepada pimpinan Anda saat ini, serta nama dan alamat perusahaan Anda saat ini.

2. Identitas diri
Dimulai dengan kalimat “yang bertanda tangan di bawah ini:” diserta nama lengkap, alamat rumah, dan jabatan terakhir Anda

3. Paragraf
Anda dapat menjelaskan alasan Anda ingin mengundurkan diri. Jangan lupa untuk menawarkan membantu dalam proses penyeleksi kandidat baru. Serta Anda dapat meminta reference letter dan performance review selama Anda bekerja

4. Penutup
Ucapkan terima kasih dan mohon maaf serta cantumkan kalimat penutup surat

Kesimpulan
Tidak semudah itu untuk resign dari perusahaan Anda sekarang, terdapat beberapa hal yang harus Anda kerjakan, salah satunya adalah membuat surat pengunduran diri. Pastikan membuat dengan urutan yang tepat dan terdapat unsur-unsur yang sudah dijelaskan di atas. (Bahara Jati/*)

DRadio 104,3 FM Jambi