Beranda Akses Jam Operasional Truk Batubara di Jambi Akan Dievaluasi

Jam Operasional Truk Batubara di Jambi Akan Dievaluasi

JAMBI, AksesNews – Penegakan aturan kepada pengendara truk batubara yang melintas di luar jam operasional masih sulit dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi Jambi.

Kepala Dishub Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra menyampaikan pihaknya terbatas dalam menangani truk batubara yang melanggar. Pelanggaran pada siang hari tidak dalam jangkauan pihaknya.

“Dalam penegakan hukum (Gakum) ini bekerja sama dengan Polda Jambi dan Polisi Militer pada malam hari. Yang melintas di siang hari sudah kewenangan kepolisian,” ujarnya, Senin (06/09/2021).

Ia mengakui masih banyak truk batubara yang beraktivitas pada pagi hingga menjelang sore hari. Makanya, dia berharap sikap kooperatif perusahaan tambang agar mengantarkan hasil tambangnya di waktu yang diizinkan.

“Seperti mengisi batu bara pada sore hari, sehingga bisa berjalan di malam hari. Jangan diisi pada pagi hari yang mengakibatkan truk berjalan langsung,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan bakal mengajak Dishub Provinsi Jambi untuk membahas jam operasional truk batubata.

Saat ini aturan lintasan kendaraan itu masih mengacu Pergub terdahulu, yakni hanya boleh melintas dari pukul 18.00 WIB-06.00 WIB.

“Nanti kita minta Dishub untuk ambil langkah pada peraturan yang sudah ada. Saya akan panggil Dishub agar mereka bisa aksi bersama TNI-Polri. Kalau perlu razia di siang hari,” pungkasnya. (Sob/Jmk)

DRadio 104,3 FM Jambi