Beranda Akses Belasan Rumah Nelayan di Nipah Panjang Ludes Terbakar

Belasan Rumah Nelayan di Nipah Panjang Ludes Terbakar

TANJABTIM, AksesJambi.com – Sebanyak 15 rumah nelayan di Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Timur hangus terbakar. Kebakaran terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, Selasa (23/08/2019).

Diduga, api berasal dari sebuah gudang penampungan ikan milik warga. Namun, api yang tidak bisa dipadamkan menyilap ke rumah warga nelayan lainnya.

Menurut setempat, Pandi mengatakan kebakaran awalnya kecil dari gudang ikan. Namun, karena angin bertiup kencang membuat api membesar dan saat kebakaran terjadi warga sempat berjibaku memadamkan api.

“Karena air sungai surut, warga kesulitan mengambil air. Api dengan cepat menjalar ke rumah warga lainnya, sebagian warga mengangkat barang dari dalam rumah dan sebagian berupaya memadamkan api sebelum pihak pemadam kebakaran datang,” katanya.

Selain itu, sebanyak 4 rumah warga lainnya terpaksa dirobohkan untuk menghindari api kerumah lainnya. “Mayoritas rumah warga yang terbakar merupakan rumah panggung semi permanen dan rumah tersebut berada di pinggir sungai,” sebutnya.

Petugas pemadam kebakaran kecamatan dibantu anggota TNI Koramil Nipah panjang dan masyarakat sekitar harus berjibaku memadamkan api dan api baru berhasil di jinakkan sekitar pukul 12.45 WIB.

Danramil Nipah Panjang Kapten Inf Adil Tarigan, mengatakan Kebakaran hebat yang melahap bangunan berkonstruksi kayu mudah terbakar, membuat pemadam kebakaran kewalahan. Kobaran api terus membumbung di beberapa bangunan rumah warga yang letaknya berdempetan.

FOTO: Personel TNI bersama Warga Berjibaku Padamkan Api.

FOTO: Personel TNI bersama Warga Berjibaku Padamkan Api.

Diduga api mulai membara yang berasal dari rumah dan bangsal ikan milik H. Udin Kadas, sekitar pukul 09.00 WIB pagi ini. Dan saat ini si jago merah sudah dapat dipadamkan sekitar pukul 12.30 WIB. Sampai saat ini, penyebab kebakaran masih belum diketahui.

Upek warga Nipah Panjang mengatakan kondisi surutnya air membuat petugas pemadam dan masyarakat kesulitan dan sejumlah petugas Damkar pun harus rela terjun ke sungai untuk mendapatkan air untuk memadamkan api.

“Selain itu akses jalan menuju tempat kejadian peristiwa kebakaran jauh dari jalan dan melewati lorong, sehingga mobil dinas kebakaran tidak dapat masuk ke lokasi,” jelasnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut, saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian setempat. (Zay/Team AJ)