Beranda Akses Polemik Bonus Rumah Atlet Peraih Medali Emas Asian Games 2018

Polemik Bonus Rumah Atlet Peraih Medali Emas Asian Games 2018

JAKARTA, AksesNews – Para atlet peraih medali emas diajang olahraga empat tahunan sekali, Asian Games 2018 dijanjikan pemerintah akan mendapatkan bonus rumah. Namun, hingga saat ini belum juga terealisasi.

Diakui, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, para atlet yang meraih medali emas memang bergelimang bonus, dari uang tunai, hingga menjadi PNS telah diberikan pemerintah. Namun ada satu janji bonus yang belum terealisasi, yakni soal bonus rumah.

Sampai sekarang, bonus rumah masih tersangkut kebijakan. Awalnya bonus memang diberikan rumah saja, tidak berikut tanahnya. Ternyata, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) dilarang membangun di atas aset pribadi, tapi harus aset dari pemerintah.

“Yang pasti dari awal memang kami ingin pemerintah yang bangun rumah dan tanah sendiri disediakan atlet, nanti tinggal bagaimananya, tergantung kebijakan PUPR,” jelas Imam.

Kemenpora berupaya mencari jalan keluar atas persoalan tersebut. Imam Nahrawi akan menyelesaikan secepatnya, mengenai polemik bonus rumah bagi peraih emas Asian Games 2018.

“Iya, mungkin soal prosedur, soal verifikasi, karena modelnya pemerintah nanti membangunkan, tidak mengadakan tanah. Hal ini yang perlu waktu, karena tak setiap atlet punya tanah. Enggak mungkin kan, tanah disiapkan oleh pemerintah,” kata Imam seperti yang dilansir kompas.com, Jumat (15/02/2019).

Selain itu, dirinya telah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR. Menurutnya, pemerintah memang ingin membangun rumah, namun lahan atlet yang menyediakan.

“Kami sudah berulang-ulang rapat dengan Kementerian PUPR, ini soal realiasi dan waktu saja. Yang penting bonus uang sudah dibayar penuh, baik untuk atlet Asian Games dan Asian Para Games, bonus PNS juga sudah diterima, tinggal formalitas ceremony saja,” pungkasnya.

SUMBER: kompas.com

DRadio 104,3 FM Jambi