Beranda Akses BPJS Kesehatan Gratis Ditanggung Pemerintah, Bukan dari Perorangan

BPJS Kesehatan Gratis Ditanggung Pemerintah, Bukan dari Perorangan

BATANGHARI, AksesJambi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari menegaskan, bahwa saat ini biaya iuran (premi) BPJS kesehatan gratis itu merupakan tanggungan pemerintah bukan dari dana pribadi perorangan.

Hal itu diungkapkan, Mulawarman selaku Pj Sekda Batanghari. Saat ini peserta BPJS kelas III di Batanghari yang iurannya ditanggung oleh pemerintah daerah dan pusat, dengan menggunakan dana APBD kabupaten, provinsi dan APBN.

“Kita selaku pemerintah membayar premi pengguna BPJS yang ditanggung pemerintah. Jika pengguna BPJS tersebut berobat di rumah sakit, nanti rumah sakit menagih atau klaim ke pihak BPJS,” kata dia.

Tidak hanya itu saja, terkait fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Batanghari pengadaannya juga bersumber dari dana transfer, baik dari APBD maupun APBN. Dan tidak dapat yang di keluaran oleh pribadi perorangan.

“Fasilitas kesehatan itu dari berbagai sumber dana, bisa dari APBD dan APBN,” sambungnya.

Terkait adanya bakal calon bupati Batanghari yang mempolitisir program BPJS gratis saat ini, Mulawarman tak banyak berkomentar, sebab menurutnya itu bukan ranah dirinya selaku ASN.

“Soal beredarnya video pernyataan salah satu paslon bahwa penerima BPJS Kesehatan gratis harus wajib memilih dirinya, saya no comment. Karena itu ranahnya KPU dan Bawaslu Batanghari,” kata dia.

Beberapa waktu lalu beredar video salah satu bakal calon bupati yang berorasi dan menyinggung terkait program BPJS kesehatan, ketenagakerjaan serta bantuan bibit karet.

YA: Wajib Hukumnyo yang Dapat BPJS Gratis Dukung Yunninta

Diduga perempuan dalam video tersebut itu merupakan Yunninta Asmara yang merupakan bacalon Bupati Batanghari, yang saat itu mengenakan jilbab berwarna merah, bajubdan celana berwarna hitam, mengajak masyarakat yang sudah menerima bantuan BPJS gratis untuk wajib mendukung dirinya.

Dia juga menyinggung bahwa PTT yang saat ini tengah bekerja di kabupaten dan pemerintahan sudah menerima BPJS ketenagakerjaan.

“Jadi, wajib hukumnyo yang sudah mendapatkan BPJS gratis dan fasilitas kesehatan mendukung Yunninta Asmara,” ujarnya dihadapan masyarakat. (TeamAJ)