Beranda Akses Razia Rutin, Ratusan Pengendara ditilang Satlantas Batanghari

Razia Rutin, Ratusan Pengendara ditilang Satlantas Batanghari

BATANGHARI, AksesJambi.com – Puluhan kendaraan roda dua dan empat terjaring razia yang digelar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Batanghari, Rabu (08/01/2019) pagi.

Kegiatan yang digelar di depan Mapolres Batanghari tersebut, dimulai dari pukul 08.00 WIB. Dari pantauan, petugas tampak banyak menyetop kendaraan jenis truk pengangkut barang.

Selain mobil angkutan barang, petugas juga memberhentikan dan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan pribadi yang melintas.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, banyak pengendara yang tidak melengkapi surat-suratnya. Alhasil, mereka pun harus menerima surat tilang dari petugas kepolisian lalulintas Polres Batanghari.

Dari hasil pantauan, ada satu diantara pengendara mobil yang disetop karena menggunakan nomor polisi yang telah dimodifikasi seolah nama orang. Padahal, ia membawa pelat aslinya dan mengaku sengaja tak menggunakan pelat yang asli.

“Sengaja pak, saya pakai pelat nama anak saya ini,” kata pengendara mobil itu. Namun, polisi tetap menilang pengendara tersebut.

Selain itu, dalam pemeriksaan petugas, ada pengendara truk yang menolak menandatangani surat tilang lantaran, ia merasa tak melakukan kesalahan. Padahal, ia tak memiliki surat izin mengendara (SIM) khusus truk.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Batanghari, AKP Nafrizal, saat dikonfirmasi awak media mengatakan, razia yang digelar tersebut merupakan razia peningkatan rutin setiap hari.

“Ini merupakan atensi dari Dirlantas Polda Jambi dan razia ini dilaksanakan oleh seluruh polres jajaran untuk menekan angka kecelakaan,” sebut Nafrizal.

Razia peningkatan tersebut, lanjutnya, sudah dimulai sejak Senin kemarin. Hingga Rabu ini pihaknya sudah menjaring 126 pelanggar lalu lintas dari roda dua maupun empat.

“Rata-rata truk yang ditilang itu menggunakan sabuk pengaman dan tak melengkapi surat-surat berkendara. Lalu banyak juga sepeda motor ditilang karena tak safety riding,” sambungnya.

Dikatakannya, razia peningkatan ini bakal digelar setiap hari di tempat yang berbeda.

“Saya imbau kepada pengendara untuk memperhatikan keselamatan berkendara dengan tidak melanggar lalu lintas. Karena awal kecelakaan itu berawal dari pelanggaran,” pungkasnya. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi