Beranda Akses Fasha Siap Jamin Kebutuhan Harian dan Biaya Hidup Keluarga Pasien Covid-19

Fasha Siap Jamin Kebutuhan Harian dan Biaya Hidup Keluarga Pasien Covid-19

KOTAJAMBI, AksesNews – Guna mengurangi beban perekonomian keluarga pasien terdampak virus Corona (Covid-19), Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi akan memberikan bantuan berupa paket sembako dan uang tunai.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha menyatakan siap menanggung dan akan menjamin kebutuhan hidup bagi keluarga pasien dalam pengawasan (PDP) dan pasien yang sudah dinyatakan positif Covid-19 di Kota Jambi.

“Kita sebagai pemerintah daerah dan sebagai wujud peduli kita, Pemkot Jambi akan menanggung biaya kebutuhan dasar keluarga pasien terdampak Covid-19. Ini adalah wujud empati kami, untuk membantu pihak keluarga,” kata Fasha, Minggu (19/04/2020).

Pemkot Jambi akan menanggung biaya kebutuhan dasar keluarga tersebut, hingga pasien dinyatakan sembuh. Hal ini, kata Fasha, agar PDP maupun yang terkonfirmasi positif Corona tak perlu memikirkan pemenuhan kebutuhan keluarga.

“Kepada pasien positif dan PDP di Kota Jambi tak perlu memikirkan keluarga makan atau tidak di rumah, karena Pemkot Jambi akan memberi bantuan. Kami akan menanggung biaya kebutuhan dasar keluarga Anda, hingga pasien dinyatakan sehat dan bisa beraktivitas kembali,” jelasnya.

Begitu pula keluarga pasien yang berada di rumah, untuk jangan terlalu khawatir terhadap keluarganya yang dirawat. Karena, penanganan pasien sudah menjadi tanggungjawab pihak rumah sakit untuk memberikan layanan kesehatan yang terbaik.

Selain itu, Fasha juga menghimbau kepada masyarakat Kota Jambi untuk bisa memberikan semangat terhadap keluarga pasien yang terpapar Covid-19.

“Saya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mengucilkan keluarga pasien yang terpapar Corona, karena pada dasarnya pasien ini bisa sembuh. Tentunya dengan dukungan, semangat dan doa kita semua, berharap pandemi ini cepat berakhir,” imbaunya.

Oleh karena itu, Wali Kota Fasha mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi imbauan pemerintah dan selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta tetap di rumah aja.

“Saya juga ingin mengajak masyarakat untuk tak panik, serta bijak dalam menanggapi informasi yang beredar di media sosial, dan yang terpenting bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga imunitas tubuh,” pungkasnya.

Fasha Paparkan Riwayat Perjalanan Pasien Positif Covid-19 Kedua di Kota Jambi

Sampai saat ini, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Jambi masih melakukan tracking terhadap warga Kota Jambi yang mengikuti tabligh akbar di Gowa, Sulawesi Selatan, dimana dua warga Kota Jambi terpapar Corona usai pulang ke daerah tersebut.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jambi, Budidaya mengatakan, untuk nominal bantuan uang tunai yang diberikan, yakni sebesar Rp 1 juta dan ditambah beras 10 kg dan kebutuhan bahan pokok lainnya.

“Pasien PDP dan positif Covid-19 ini ada yang berstatus suami istri, jadi bantuan ini diberikan untuk satu kepala keluarga (KK), bukan per orang,” kata Budidaya, Minggu (19/04/2020).

Berdasarkan update pada Sabtu tanggal 19 April 2020, warga Kota Jambi yang berstatus orang dalam pemantauan (OPD) tercatat sebanyak 235 orang berkurang 10 dari sebelumnya yang berjumlah 245 orang, PDP bertambah 1 menjadi 14 orang dan terkonfirmasi positif Covid-19 masih 2 orang. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi