Beranda Akses Fasha Paparkan Riwayat Perjalanan Pasien Positif Covid-19 Kedua di Kota Jambi

Fasha Paparkan Riwayat Perjalanan Pasien Positif Covid-19 Kedua di Kota Jambi

KOTAJAMBI, AksesNews – Diumumkannya penambahan satu pasien positif virus Corona (Covid-19) di Provinsi Jambi, Jumat (17/04/2020) sore. Jumlah warga Jambi kini total menjadi 8 orang yang terinfeksi positif Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha menyatakan bahwa pasien 08 di Jambi yang dinyatakan positif hasil uji lab/swab dari Kemenkes RI adalah warga Kota Jambi yang beralamat di Kecamatan Paal Merah, Kota Jambi.

Menurutnya, warga Kota Jambi yang positif per tanggal 17 April 2020 ini disebut pasien 02 Kota Jambi. Hari ini, bertambah satu lagi pasien positif Corona di Kota Jambi yang disebut dengan pasien 02 Kota Jambi atau 08 Provinsi Jambi.

“Saat ini, pasien 02 Kota Jambi tengah dirawat di salah satu rumah sakit umum pemerintah di kota Jambi. Pasien itu merupakan laki-laki usia 68 tahun, yang beralamat di wilayah Kecamatan Paal Merah,” kata Fasha di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jambi, Jumat (17/04/2020) sore.

Selain itu, Wali Kota Fasha menjelaskan, bahwa riwayat perjalanan pasien 02 Kota Jambi ini usai mengikuti acara keagamaan Tabligh Akbar di Gowa, Sulawasi Selatan (Sulsel) beberapa waktu lalu bersama pasien 01 kemarin.

1 Warga Kota Jambi Positif Corona, Fasha: Usai Hadiri Tabligh Akbar di Sulsel

“Perlu kami sampaikan juga bahwa yang bersangkutan mempunyai riwayat perjalanan yang sama seperti pasien 01 kota Jambi,” kata Fasha.

Tanggal 16 Maret berangkat ke Gowa, Sulawesi Selatan untuk ikut tabligh akbar. Kemudian, tanggal 23 kembali ke Kota Jambi dan tanggal 29 Maret bersangkutan 02 Kota Jambi dirawat di salah satu rumah sakit umum daerah Provinsi Jambi dengan status PDP.

Selanjutnya, dilakukan rapid test dan ternyata negatif saat itu. Kemudian tanggal 2 April, pasien pulang dalam keadaan membaik sehingga menjadi ODP. Namun, tanggal 13 April 2020 yang bersangkutan datang kembali ke rumah sakit untuk kontrol.

Pasien Positif Corona di Jambi Bertambah Tiap Hari, Kini Total 8 Orang

“Kemudian, dilakukan rapid test kedua dengan hasil positif. Lalu, tanggal 14 April diambil swab untuk tes PCR dan hari ini tanggal 17 April 2020 hasil PCR diterima dan dinyatakan positif,” jelas Fasha.

Berdasarkan update data terbaru kasus Corona di Kota Jambi, 17 April 2020 jumlah orang dalam pemantauan (ODP) berkurang 5 menjadi 243 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah 3 jadi 11 orang dan pasien positif bertambah 1 menjadi 2 orang. (Bob/Shelvy)

DRadio 104,3 FM Jambi