Beranda Akses Permohonan Akad Nikah Selama Wabah Corona Ditiadakan

Permohonan Akad Nikah Selama Wabah Corona Ditiadakan

TANJABBAR, AksesJambi.com – Tidak hanya permasalahan Haji, Tarawih, Mudik, Festival Arakan Sahur dan Pawai Beduk, Pasar Beduk dan lainnya akibat dampak Corona terkait pemutusan rantai penyebarannya. Persoalan ibadah pernikahan pun juga di tunda. Permohonan akad nikah terhitung sejak 1 April 2020 mulai ditiadakan.

Hal tersebut dibenarkan kepala Kementerian Agama ( Kamenag) Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat, Hasbi.

Hasbi mengatakan, Kementerian Agama telah mengeluarkan aturan terbaru soal menikah selama wabah Covid-19.

” Sesuai surat Edaran Menteri Agama Nomor P-003/DJ.III/Hk.00.7/04/2020 tentang perubahan atas surat edaran Dirjen Bimas Islam P-002/DJ-III/Hk.00.7/03/2020 tentang pelaksanaan protokol penanganan Covid-19 pada area publik di lingkungan Dirjen Bimas Islam.” Ujar Hasbi.

Ia menjelaskan, Permohonan akad nikah dimasa darurat Covid19, untuk pendaftaran baru tidak dilayanin serta meminta masyarakat untuk menunda pelaksanaan nya.

Hasbi menyebutkan, pelaksanaan akad nikah hanya untuk calon pengantin yang sudah disetujui sebelum tanggal 1 April 2020, Selasa (07/04/2020).

“Jadi calon pengantin bisa mendaftar dari sekarang secara online. Tapi untuk pelaksanaan akad nikah ditunda sampai situasi wabah virus Corona dinyatakan aman,” Kata kepala Kemenag.

Menurutnya, dalam penundaan ini, pihaknya sudah memberikan surat edaran kepada Kantor Urusan Agama (KUA) untuk sosialisasi kepada masyarakat.

“Jadi semuanya pernikahan kita stop, surat edaran pun sudah kita sosialisasikan kepada Kantor Urusan Agama dan KUA mensosialisasikan langsung ke masyarakat,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi