Beranda Advertorial Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Lakukan Persiapan Ikuti Penas XVI

Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Lakukan Persiapan Ikuti Penas XVI

BATANGHARI, AksesJambi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) sudah mulai menyiapkan Kelompok Tani dan Nelayan untuk mengikuti Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan ke XVI di Kota Padang.

Hal tersebut diungkapkan, kepala dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Batanghari, Mara Mulya Pane, SP melalui Kabid Penyuluhan Pertanian, Alfian, Selasa (10/03/2020).

Dikatakannya, dalam kegiatan Penas yang akan diselenggarakan pada 20 sampai 26 Juni 2020 mendatang, pihak pemerintah Batanghari mengirim sekitar 107 anggota.

“Jumlah tersebut diisi oleh pendamping, peninjau dan para petani di Kabupaten Batanghari. Untuk setiap kabupaten di Provinsi Jambi harus mengirimkan perwakilan untuk mengikuti Penas XVI,” bebernya.

Alfian mengatakan, Rangkaian kegiatannya diantaranya Temu Wicara dengan presiden dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman pada 20 Juni 2020 setelah pembukaan.
Kemudian temu wicara dengan pejabat tinggi/pejabat negara.

Selain itu juga ada kegiatan, rembug madya dan rembug utama dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman. Sedangkan Temu Profesi, Temu Petani ASEAN dan Petani Jepang, serta Temu Sukses Petani dan Penyuluh dilaksanakan di Kota Padang.

“Di Penas XVI juga digelar temu teknologi, temu karya berupa peragaan, unjuk tangkas dan asah terampil,” kata dia.

Dikatakannya, diajang yang digelar oleh Kementerian Pertanian RI tersebut, Pemkab Batanghari akan memperkenalkan hasil-hasil unggulan Batanghari, tanaman hingga budidaya dan pemanfaatan ikan.

“Kita perkenalkan produk ciri khas Batanghari, seperti pengolahan ikan dan tanaman,” kata dia.

Alfian berharap, usai pelaksanaan Penas XVI tersebut, para petani dan nelayan Kabupaten Batanghari, harus bisa memberikan hasil yang positif untuk para petani dan nelayan di Batanghari.

“Perkembangan teknologi pertanian yang didapatkan di sana harus berimbas kepada para petani dan nelayan kita di sini. Sehingga diharapakan hasil pertanian di Kabupaten semakin meningkat, ” pungkasnya. (ANI)

DRadio 104,3 FM Jambi