Gelar Sesi Health Talk, Siloam Hospitals Jambi Bahas Penanganan Wasir Terkini Bersama dr. Benny Hartono

JAMBI, AksesNews – Siloam Hospitals Jambi membahas seputar penanganan penyakit Hemorroid (Wasir) terkini, dalam acara health talk bersama dengan dr. Benny Hartono, Sp.B, FINACS, FICS, di Rumaputi Coffee and Eatery, jalan Kol. Tarmizi, Pakuan Baru, Jambi Selatan, Kota Jambi, Selasa (30/04/2024) pagi.

Mengingat penanganan Hemoroid atau yang sering disebut wasir atau ambeien ini, bagi setiap penderita tentu berbeda-beda. Hal ini dapat dilihat dari klasifikasi Hemoroid itu sendiri.

Penanganan Hemoroid atau wasir menurut dr. Benny Hartono, Sp.B, FINACS, FICS, dapat dilakukan secara konvensional maupun friendly. Menurutnya, penyakit wasir atau ambeien tidak melulu harus dioperasi. Pada penangan wasir Grade 1 dan 2 misalnya, hanya perlu dilakukan tindakan konservatif.

Namun, jika penyakit wasir masuk dalam klasifikasi Grade 3 dan 4, maka perlu dilakukan tindakan operatif.

“Hal-hal yang bisa dilakukan pada tindakan konservatif, mulai dari minum air yang cukup, tidak ngeden terlalu lama, makan yang tinggi serat, menjaga kebersihan di daerah sekitar anus, dan dibantu minum obat. Kalau tidak diubah pola BAB dan pola makan, ya sama saja tidak akan sembuh,” kata dokter spesialis beda RS Siloam Jambi, dr. Benny Hartono, Sp.B, FINACS, FICS.

Diketahui faktor penyebab Hemoroid atau wasir tersebut, dikatakan dr. Benny Hartono, karena keseringan duduk terlalu lama saat buang air besar dan sering mengejan dalam waktu yang lama.

Sementara itu, Hemoroid atau wasir sendiri umumnya dialami oleh orang dewasa. Disamping itu, wasir juga dapat hilang dan timbul kembali dengan sendirinya, akibat aktivitas-aktivitas tertentu.

“Insiden terbanyak wasir itu pada orang dewasa, kalau pada anak-anak jarang terjadi,” sebutnya.

“Wasir bisa perlahan-lahan sembuh, hilang dengan sendirinya dan juga dibantu obat-obatan. Namun bisa timbul lagi akibat aktivitas tertentu yang membuat pembuluh darah bengkak. Katakanlah ya kurang minum lah, saat itu BABnya keras, maka wasir bisa kambuh-kambuhan,” timpalnya.

Selain itu, dikatakan dia, penanganan bagi penderita wasir, Siloam Hospitals Jambi telah menyediakan pelayanan penanganan yang mumpuni.

Ditambah, biaya pengobatan di Siloam Hospitals Jambi cukup ekonomis jika dibandingkan dengan Siloam di kota-kota lain. Sehingga, bagi penderita wasir atau ambeien tidak perlu khawatir, dan dapat berobat ke Siloam Hospitals Jambi.

“Dibandingkan dengan kota lain, di kota Jambi jauh lebih murah. Ya memang mahal murahnya relatif,” ujarnya. (Sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here