Beranda Akses ABJ Resmikan Pendistribusian Program LTSHE di Tanjabbar 2019

ABJ Resmikan Pendistribusian Program LTSHE di Tanjabbar 2019

JAMBI, AksesNews – Bertempat di Gedung Runtuh, Kuala Tungkal, Senin (29/07/2019) pagi, Senator DPD RI Abu Bakar Jamalia (ABJ) secara langsung menyerahkan dan meresmikan program pendistribusian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) tahun 2019.

Pada kesempatan tersebut, ABJ mengatakan Kabupaten Tanjabbar ini berbeda dari kabupaten lainnya, karena memiliki kondisi geografis yang sangat sulit aksesnya. Maka dari itu, Tanjabbar bisa mendapat bantuan yang lebih besar dari kabupaten lainnya.

“Tahun ini Kabupaten Tanjabbar mendapat alokasi LTSHE sebanyak 2.823 rumah tangga, atau 58 persen dari total alokasi yang diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk Provinsi Jambi sebanyak 4.861 rumah tangga,” kata ABJ.

Selain itu, ABJ juga berharap mudah-mudahan pendistribusian ini bisa bermanfaat. Dan Anak-anak bisa belajar dimalam hari dengan bantuan ini. Tentu program LTSHE yang dilaksanakan ini akan memberi kontribusi yang cukup signifikan terhadap pemenuhan target bauran energi terbarukan provinsi Jambi,

“Semoga Program Pemasangan LTSHE ini akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat yang menerima, dan Saya minta kepada masyarakat penerima juga dapat menjaga komponen-komponen peralatannya, agar usia pemakaian LTSHE ini dapat optimal,” harapnya.

Sebelumnya, Gubernur Jambi dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sri Anggunaini mengatakan tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi sedang menyusun Peraturan Daerah (Perda).

Perda tersebut tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi yang nantinya akan menjadi salah satu pedoman kebijakan pengelolaan energi di Provinsi Jambi. “Melalui Perda tersebut Pemerintah Provinsi Jambi akan menetapkan bauran energi terbarukan di Provinsi Jambi sebesar 24 persen di tahun 2025 dan 40 persen di tahun 2050,” jelasnya.

Guna mencapai target bauran energi tersebut, Pemerintah Provinsi Jambi akan makin menggalakkan pemanfaatan energi terbarukan, salah satunya energi tenaga surya, seperti yang digunakan pada program LTSHE ini.

“Saya berharap ke depan akan lebih banyak lagi program dan kegiatan di Kabupaten Tanjabbar ini yang berbasis energi terbarukan, karena sumber energinya masih cukup banyak tersedia, seperti energi surya, energi angin, energi air, energi biodiesel (POME), dan lain-lain,” pungkasnya.

Turut hadir pada penyerahan tersebut, Senator DPD RI Abu Bakar Jamalia (ABJ), Wakil Bupati Tanjabbar Amir Sakib dan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sri Anggunaini, Kepala ESDM Provinsi Jambi Harry Andria dan Pj. Sekda Tanjabbar Yon Heri serta tamun undangan lainnya. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi