Beranda Akses Kenalkan Nanas Tangkit & Batik Jambi di Miss Eco International

Kenalkan Nanas Tangkit & Batik Jambi di Miss Eco International

Miss Eco Indonesia asal Jambi, Jessica Grace. Foto: instagram @gracephing
Miss Eco Indonesia asal Jambi, Jessica Grace. Foto: instagram @gracephing

JAMBI, AksesNews – Miss Eco Indonesia 2022, Jessica Grace Harvery mewakili Indonesia di ajang Miss International Eco, Mesir. Perempuan yang berasal dari Jambi ini, mempromosikan potensi pertanian, serta batik dari Jambi.

Ia sempat tampil mengenakan kostum terinspirasi dari buah nanas yang tumbuh di Desa Tangkit, Kabupaten Muaro Jambi. Dalam kostum itu pula, terdapat batik khas Jambi.

“Batik Jambi ada di dalam kostum yang Grace gunakan. Jadi, di sana Grace membawa kain batik Jambi. Kami mengangkat Nanas Tangkit dan Batik Jambi,” kata perempuan berdarah Tionghoa-Jambi itu, Minggu (27/03/2022).

Tak hanya itu, sebagai Miss Eco Indonesia, Grace juga tampil dengan menggunakan eco dress. Kostum yang digunakannya terbuat dari karung bekas, dan plastik. Dalam penampilan ini Grace masuk 11 besar.

“Kita menunjukkan eco dress. Kebetulan mendapatkan top eleven best eco dress,” katanya.

Ia menyampaikan dengan adanya eco dress menunjukkan bahwa sampah juga dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi pakaian.

“Dalam eco dress kita merancang pakaian dari barang yang sebelumnya tidak terpakai atau sampah. Ada barang yang kita kira tidak bisa pakai, bisa untuk membuat eco dress,” jelasnya.

Grace yang tampil di ajang internasional mendapatkan dukungan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yayasan, pelaku usaha, dan tentunya keluarga. Namun, ternyata tak mendapatkan dukungan materi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

“Bantuan dari kementerian, El Jhon Foundation, BMKJ, Jambi Kreatif, kemudian beberapa barang dari Hijab Dewi Lestari, batik, dan sebagainya,” tuturnya.

Rice Yogina, yang turut mendukung Grace, mengatakan Miss Eco Indonesia tersebut sudah mendapatkan berbagai dukungan, walaupun tidak dengan Pemprov Jambi.

“Tim sudah minta support untuk keberangkatan beliau, karena pasti ada biaya selama di sana.
Sebagai masyarakat Jambi, kami mendukung Grace dalam bentuk materil,” tuturnya. (Sob/*)