Beranda Akses Ratusan Dosen Unja di Mendalo Akan Jalani Rapid Test Massal

Ratusan Dosen Unja di Mendalo Akan Jalani Rapid Test Massal

JAMBI, AksesNews – Seorang Dosen Universitas Jambi (Unja) positif Covid-19. Imbasnya, kampus yang berada di Mendalo, Muaro Jambi itu harus tutup tiga hari ke depan mulai hari ini, Jumat 25 September 2020.

Kampus orange itu juga akan disemprot disinfektan beberapa hari ke depan, demi menghindari penyebaran Covid-19. Selain itu, akan dilakukan rapid test secara bertahap oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi dan Muaro Jambi. 

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah mengatakan Dosen Universitas Jambi tersebut, yakni pasien 396 inisial LE (perempuan, usia 38 tahun) asal Kota Jambi riwayat kontak erat pasien 305. 

“Hari ini, akan dilakukan rapid test secara bertahap oleh Dinkes Provinsi dan Muaro Jambi. Selain itu, penyemprotan disinfektan seluruh kampus di Mendalo dan perkuliahan sistem daring,” kata Johansyah, Jumat (25/09/2020).

Penutupan Kampus Universitas Jambi mulai berlangsung pada, Jumat (25/09/2020) dan rencananya Kampus Pinang Masak itu akan kembali buka pada Minggu (27/09/2020).

Jambi Tambah 4 Pasien Positif Covid-19, Salah Satunya Dosen

Sementara itu, Koordinator Pusat Informasi, Dokumentasi, Keluhan serta Hubungan Masyarakat Universitas Jambi, Akbar Kurnia Putra, mengatakan kampus ditutup untuk sementara dan akan dilakukan rapid test.

“Ditutup dari 25-27 September dan akan dilakukan rapid test massal terhadap sekitar 125 dosen dan tenaga kependidikan Universitas Jambi,” kata Akbar, Kamis (24/09/2020) kemarin.

Menurutnya, dosen yang dinyatakan positif Covid-19 itu sempat berangkat ke Kerinci untuk melakukan pengabdian Tridarma Perguruan Tinggi. Sepulangnya dari Kerinci, tidak ada gejala terpapar Covid-19.

Namun selang beberapa minggu sekitar 2 atau 3 minggu kemudian, yang bersangkutan alami demam dan tidak enak badan. Curiga terjangkit Covid-19, ia pun melakukan uji swab, dan hasilnya positif.

Atas kejadian itu, pihak universitas tempatnya mengajar mengambil kebijakan untuk meliburkan sementara aktivitas kampus di Mendalo, Kabupaten Muaro Jambi untuk beberapa hari ke depan.

“Kita akan bekerjasama dengan PMI untuk melakukan penyemprotan, khususnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kemudian kita juga kerja sama dengan Dinkes Provinsi dan Muaro Jambi untuk rapid test massal,” pungkasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi