Beranda Advertorial Ditunda, Pembayaran TPP Guru di Batanghari Tunggu APBD-P

Ditunda, Pembayaran TPP Guru di Batanghari Tunggu APBD-P

BATANGHARI, AksesJambi.com – Untuk pembayaran tunjangan penghasilan pegawai (TPP) Guru di kabupaten Batanghari bulan kelima dan enam terpaksa harus ditunda. Pasalnya, Anggaran Daerah di Dinas Pendidikan yang dianggarkan di APBD Murni 2019 tidak mencukupi.

Hal ini disebabkan, Jumlah uang yang ada mata anggaran di Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) kabupaten Batanghari tidak cukup untuk membayar TPP tersebut.

Kepala Bekauda Batanghari, M. Azan menjelaskan, penundaan pembayaran TPP Guru disebabkan kesalahan penganggaran di APBD 2019. Pada waktu penganggaran TPP Guru yang dibayarkan saat itu, kewenangannya Guru sertifkasi tidak dimasukan.

“Pada saat peraturan Bupati terkait TPP ini diterbitkan, ternyata Guru yang menerima sertifikasi juga dibayarkan sesuai sengan Perbub itu,” jelas Azan, Kamis (25/07/2019).

Pemkab telah mengganggarkan Rp 10 miliar lebih untuk pembayaran TPP ini, namun setiap bulannya di tahun 2019 ini Disdikbud selaku pengguna anggaran harus mengeluarkan Rp 2,4 miliar untuk pemabayaran TPP yang disalurkan kepada 2.400 orang Guru serta pegawai Disdikbud itu sendiri.

“Sehingga anggaran yang ada hanya bisa membayar Guru selama empat bulan saja. Jadi itu benar, anggaran yang ada di Bakeuda saat ini tidak cukup lagi untuk membayar TPP tersebut,” tambahnya.

Selain itu, Azan menyebutkan, pembayaran TPP Guru tetap akan dibayarkan, hanya saja ditunda sampai anggaran belanja perubahan tahun 2019 ini. “Tetap kita bayar, akan tetapi, menunggu APBD Perubahan,” sebutnya.

Pihaknya berharap, Guru dan pegawai Disdikbud Batanghari dapat bersabar menjelang anggaran perubahan nantinya. (Fer)

DRadio 104,3 FM Jambi