Diduga 6 Gardu PLN Disatroni Maling, 400 Rumah Alami Pemadaman listrik

Kondisi salah satu gardu listrik yang sudah dicuri kabel NYY-nya, Sabtu (24/12/2022).
Kondisi salah satu gardu listrik yang sudah dicuri kabel NYY-nya, Sabtu (24/12/2022).

JAMBI, AksesNews – Komplotan pencurian Kabel NYY (kabel tembaga, red) di Gardu PLN kembali beraksi, Sabtu dini hari, sekitar pukul 3.00 WIB (24/12/22). Ada enam gardu yang dibobol komplotan tersebut.

Manajer Bagian Jaringan dan Konstruksi PLN UP3 Jambi, membenarkan hilangnya kabel itu. Kata Arham, kabel NYY yang dicuri itu berada di enam lokasi, mulai dari seputaran Aurduri (Perumahan Aston Villa) hingga ke arah jalan lintas Muarobulian (Unja Mendalo dan sekitarnya).

Arham merincikan, dalam satu titik sedikitnya 32 meter kabel NYY yang dicuri, sehingga totalnya sekitar 192 meter.

“Satu gardu itu kerugian sekitar Rp 30 juta, jadi totalnya bisa Rp180 juta,” jelas Arham.

Arham menambahkan, berdasarkan saksi mata di lokasi, bahwa warga melihat pelaku menggunakan mobil box, berjumlah lima orang.

“Saksi warga di lokasi lihat pelakunya, pake mobil box. Sepertinya ini sudah sindikat. Tapi warga gak berani keluar. Kejadian jam 3 subuh tadi,” jelas Arham.

Arham mengatakan, pencurian kabel NYY di gardu listrik milik PLN sudah sering terjadi di Jambi. Sejauh ini pelaku yang diduga sindikat ini belum juga tertangkap.

“Sekarang kita baru akan melapor ke Polsek setempat, terkait pencurian kabel,” katanya.

Listrik Padam

Akibat hilangnya kabel NYY di gardu PLN, suplay listrik di enam lokasi gardu mengalami pemadaman.

Manajer Bagian Jaringan dan Konstruksi PLN UP3 Jambi, Arham Ginting, mengatakan setiap gardu yang dicuri kabelnya mengalami pemadaman 50-100 pelanggan.

“Setiap gardu itu mampu menyalurkan listrik antara 50-100 pelanggan. Ada enam lokasi yang dicuri kabel NYY, jadi ada 400-600 rumah yang mengalami pemadaman sejak subuh tadi,” jelas Ginting.

Mantan Manager PLN Kualatungkal ini juga mengaku kaget, saat listrik hidup, pelaku mampu mematikan gardu, sembari mengambil kabel tersebut.

“Ini pelakunya sudah profesional sepertinya,” tambah Ginting.

Akibat pencurian tersebut, suplay listrik di enam lokasi gardu mengalami pemadaman. Saat ini petugas PLN sedang memperbaiki gardu yang kabelnya dicuri komplotan maling tersebut. (Team AJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here