Beranda Advertorial Pemprov Jambi Pertahankan Opini WTP Enam Kali Berturut-turut

Pemprov Jambi Pertahankan Opini WTP Enam Kali Berturut-turut

JAMBI, AksesNews – Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan Bendahara Umum Negara tahun 2017 dinyatakan kembali memperoleh capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), demikian juga capaian opini WTP diterima kembali oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan sebagaimana besar Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi H. Fachrori Umar mengatakan, untuk memperoleh opini WTP tidak semata-mata ditentukan oleh penyajian laporan keuangan yang berkualitas dan kecukupan dalam pengungkapan, tetapi juga harus dipotong oleh efektivitas sistem pengendalian intern yang damai serta kepatuhan terhadap perundang-undangan.

Opini WTP atas laporan keuangan tahun 2017 menunjukkan peningkatan yang signifikan pada sejumlah kementerian negara lembaga dan pemerintah daerah. Secara khusus di Provinsi Jambi bahwa capaian opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) diterima oleh Provinsi Jambi enam kali berturut-turut.

Kabupaten Kerinci, Kota Jambi dan Kota Sungai Penuh empat kali berturut-turut, Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Tebo tiga kali berturut-turut, Kabupaten Merangin, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Sarolangun dua kali berturut-turut dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) satu kali.

Untuk Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) dan Bungo tak disebutkan. Artinya kedua kabupaten tersebut tak mendapatkan piagam penghargaan Opini WTP pada laporan keuangan tahun 2017. Fachrori berharap kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang capaan opini LKPD masih OTW (berjalan, red).

Selain itu, Fachrori juga berharap untuk kedepannya terus meningkatkan pengelola keuangan yang dianggap masih lemah sebagai tergambar dalam LHP BPK.

“Saya mengapresiasi pencapaian sejumlah Pemerintah Daerah yang mendapatkan opini terbaik dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan yang disajikan. Saya berharap predikat tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi pada tahun-tahun yang mendatang,” kata Fachrori.

Capaian opini WTP atas laporan keuangan merupakan salah satu indikator dari pengelolaan keuangan negara yang sehat. Oleh karena itu, upaya-upaya untuk mencapai dan mempertahankan opini terbaik tersebut menjadi modal dasar dalam rangka menunjukkan Jambi yang lebih tertib unggul nyaman tangguh adil dan sejahtera disegala bidang. (Syahrul)

DRadio 104,3 FM Jambi