150 KK Terdampak Banjir di Bungo: Balita, Ibu Menyusui hingga Lansia Dievakuasi

BUNGO, AksesJambi.com – Sejak pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB, hujan mengguyur Kabupaten Bungo dan mengakibatkan terjadinya bencana banjir terutama di Wilayah Kecamatan Muko Muko Bathin VII, Kabupaten Bungo, Kamis (21/12/2023) kemarin.

Kepala Kantor SAR Jambi, Kornelis mengatakan bahwa Tim Pos SAR Bungo menerima informasi dari BPBD, bahwa telah terjadi bencana banjir dengan keinggian kurang lebih sekitar 1,5-2 Meter di wilayah Dusun Baru Pusat Jalo dan Dusun Bedaro.

“Beberapa warga meminta bantuan untuk evakuasi, dikarenakan Jembatan tidak bisa dilewati akibar banjir yang menerjang wilayah tersebut,” ungkapnya.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Tim POS SAR Bungo langsung bergerak menuju lokasi kejadian dengan membawa Rubber Boat, Truck Personil Serta Peralatan Water Rescue lainnya.

Personil Pos SAR Bungo langsung bergabung dengan Tim SAR Gabungan lainnya yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Damkar, Dinsos, dan instansi yang terkait. Diperkirakan terdapat ratusan rumah yang terendam banjir dan puluhan KK yang perlu dievakuasi ke tempat yang lebih Aman.

“Selanjutnya, Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi korban terdampak banjir di wilayah Dusun Baru Pusat dan Dusun Bedaro,” sebutnya.

Pada Jumat (22/12/2023), Tim Pos SAR Bungo mendapatkan informasi bahwa warga di Dusun Punti Luhur, Kecamatan Bungo Dani membutuhkan evakuasi. Korban banjir yang terdampak disana sekitar 107 KK dan terdapat balita serta ibu menyusui yang terjebak banjir.

Mendapatkan informasi tersebut, Tim Pos SAR Bungo melanjutkan proses evakuasi di lokasi tersebut. Hingga saat ini, proses evakuasi masih berlanjut dengan intensitas ketinggian banjir sekitar 1-1,5 meter.

Update Banjir di Kabupaten Bungo siang ini, Tim Pos SAR Bungo mengevakuasi lansia serta ibu di Desa Lubuk Tenan, Kecamatan Batin 3.

“Jumlah warga yang sudah dievakuasi oleh Tim Pos SAR Bungo berjumlah kurang lebih 150 KK. Nanti sore akan kita update lagu jumlahnya, Alut yang kita pakai berjumlah 2 perahu karet,” pungkasnya. (Bjs/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here