Beranda Akses Angka Pencari Kerja Tinggi, Navid Siap Perjuangkan Kesejahteraan Masyarakat Jambi

Angka Pencari Kerja Tinggi, Navid Siap Perjuangkan Kesejahteraan Masyarakat Jambi

JAMBI, AksesNews – Ketua Karang Taruna Provinsi Jambi, Navid mengatakan, sebagai lembaga kemasyarakatan yang bertugas membantu menyelesaikan persoalan kesejahteraan sosial. Karang Taruna juga dituntut untuk mampu mengembangkan usaha ekonomi produktif agar bisa menciptakan lapangan kerja bagi anggotanya.

Mengacu pada tingginya angka pencari kerja di Kota Jambi, yang mencapai diatas 3000 orang pada 2018. Namun, tak diimbangi dengan pertumbuhan usaha baru, sangat dibutuhkan peran banyak pihak termasuk Karang Taruna dalam mengatasi persoalan penciptaan lapangan kerja baru.

“Kami dari merasa terpanggil untuk untuk mencetak pengusaha dan memfasilitasi usaha hingga menyebar ke seluruh wilayah hingga tingkat kelurahan, ini diharapkan tidak hanya menciptakan peluang kerja bagi kami saja, tapi meluas ke masyarakat umum,” kata Navid, Jumat (22/02/2019).

Langkah awal yang akan dilakukan Karang Taruna Provinsi Jambi, dengan melakukan gerakan konsolidasi setiap kepengurusan tingkat kelurahan untuk menjalin silaturahmi, memperkokoh persatuan dan kesatuan, memberikan pandangan, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya pemuda.

“Khusus untuk bidang ekonomi dan usaha, dalam konsolidasi ini kami akan berupaya meningkatkan usaha ekonomi bagi para kader Karang Taruna, langkah yang akan kami lakukan yakni memberikan pelatihan. Ini agar tercipta wirausaha baru, dan untuk yang sudah berjalan akan diberikan pembinaan agar usaha tetap berjalan secara terus menerus,” jelasnya.

Memasuki Pemilu serentak 2019, agar lebih memiliki peran besar, pria kelahiran Jambi ini juga turut mencalonkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Jambi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Nomor urut 8.

Selain itu, Navid juga mengatakan, Karang Taruna akan bekerja secara maksimal demi mencetak dan memfasilitasi pengusaha, tidak hanya untuk kalangan tertentu saja, tapi untuk masyarakat secara keseluruhan. Ini sejalan dengan fungsi yang diamanatkan negara melalui Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia.

“Targetnya, kami ingin memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaga dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi, termasuk di Kota Jambi. Dengan usaha ekonomi produktif, kami tidak hanya ingin mengangkat perekonomian kelurahan, tapi menciptakan lapangan kerja baru,” tegasnya.

Dengan terus menjaga kemitraan antara Karang Taruna dengan pemerintah Pusat dan pemerintah daerah serta pihak lainnya, dibawah kepemimpinan Navid, diyakini tanggungjawab untuk bidang kesejahteraan sosial dapat terwujud, termasuk pendanaan pembinaan dan membuat usaha ekonomi produktif.

“Dalam menggerakkan roda organisasi dan demi membesarkan Karang Taruna, kami terus menjaga kemitraan dengan pejabat Kementerian Sosial, Dinas Sosial di daerah. Kami tetap menjaga hubungan baik dengan banyak kalangan, baik itu di legislatif, dan pengusaha. Tidak hanya lokal Jambi, tapi juga tingkat Nasional,” pungkasnya. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi