Beranda Akses Sertifikasi Profesi Barista di Jambi 14-15 Agustus 2019

Sertifikasi Profesi Barista di Jambi 14-15 Agustus 2019

FOTO: Akun instagram @bluekorintji
FOTO: Akun instagram @bluekorintji

JAMBI, AksesNews – Guna mendorong konsumsi kopi di Jambi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) mengajak para Barista untuk mengikuti kegiatan Sertifikasi Profesi Barista, yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-15 Agustus 2019.

Kepala Disperindag Provinsi Jambi, Ariansyah mengatakan bahwa saat ini Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sedang menjalankan program sertifikasi Barista. Sertifikat diharapkan meningkatkan daya saing barista sekaligus meningkatkan pemahaman terhadap cita rasa.

“Bekraf kembali membuka kesempatan bagi teman-teman di Jambi dan sekitarnya untuk mengikuti kegiatan Sertifikasi Profesi Barista yang akan dilaksanakan di Jambi pada tanggal 14-15 Agustus 2019,” kata Ariansyah, Minggu (21/07/2019).

Kegiatan Sertifikasi Profesi ini, kata Ariansyah, merupakan kerjasama Bekraf dengan dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LS Pro) Kopi Indonesia, untuk mendukung dan meningkatkan kompetensi pelaku ekonomi kreatif. Khususnya, Barista agar dapat bersaing baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Menjelang tanggal 14 Agustus, kita melakukan pelatihan dasar bagi pemula di 2 tempat. Di Kota Jambi tanggal 29-31 Juli dan Tanjabbar 6-7 Agustus, kerja sama Disperindang dengan LS Pro Kopi Indonesia,” kata Ariansyah.

Lanjutnya, agenda itu menggandeng Pemateri Edy Panggabean dengan materi peningkatan mutu kopi dan pengantar 12 unit kompetensi barista: mengelola peralatan dan perlengkapan, Mengelola area kerja, bekerjasama dengan kolega dan pelanggan.

Hari kedua, pemateri Irsan akan membahas mengenai defenisi dan sejarah kopi espresso base, perspective tentang profesi barista dan kompetisi di dunia kopi.

“Hari terakhir, membahas manual brewing, pengenalan peralatan dan perlengkapan, cupping fundamental dan simulasi sequence of service sambil membuat 1 produk,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bekraf dan LS Pro Kopi Indonesia sudah memfasilitasi sertifikasi profesi bagi 100 barista di Kota Jakarta, pada 16 Juli 2019 kemarin. Selanjutnya Bekraf akan melakukan kegiatan ini di Bali, Semarang, dan Jambi.

Untuk informasi pendaftaran selanjutnya, dapat dilihat di Persyaratan dan Alur Pendaftaran. Kegiatan ini juga tidak dipungut biaya alias gratis. Selain itu kuotanya juga terbatas, hanya untuk 100 peserta saja. Penguman kegiatan ini juga dapat dilihat pada situs www.bekraf.go.id. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi