Beranda Akses 5 Alasan Bahasa Indonesia Layak Jadi Bahasa Internasional

5 Alasan Bahasa Indonesia Layak Jadi Bahasa Internasional

JAKARTA, AksesNews – Bahasa Indonesia adalah bahasa yang indah, gampang dan mudah dipelajari. Bahkan kita boleh bangga karena bahasa kita sebenarnya lebih layak menjadi bahasa dunia internasional daripada bahasa Inggris.

Apalagi bila dibandingkan dengan bahasa lain seperti China, Thai dan India yang sangat sulit aksaranya untuk dibaca. Begitu pula dengan bahasa Russia dan Slavik lainnya lebih sulit lagi dipelajari dan dipahami.

Bahasa Inggris bila dibandingkan dengan bahasa di Eropa lainnya tergolong mudah, tapi tetap sulit bagi sebagian orang, hanya memang karena sudah dikenal menjadikan bahasa Inggris mudah diterima semua bangsa di dunia.

Bahasa Indonesia punya potensi besar untuk menjadi bahasa internasional, cukup dipromosikan dan diperkenalkan di dunia internasional. Banyak orang asing hanya butuh waktu 1-2 bulan untuk bisa lancar berbahasa Indonesia, itu adalah modal bahwasannya bahasa kita dapat diterima di dunia.

Bahkan saat ini bahasa kita sudah menjadi pelajaran wajib maupun pilihan di beberapa negara di dunia. Artikelnya bisa dibaca disini 5 Negara Yang Menjadikan Bahasa Indonesia Sebagai Program Studi di Kurikulum Resmi.

Ini merupakan pertanda bahwasannya bahasa kita layak menjadi bahasa pemersatu dunia. Namun, banyak juga tantangan yang menjadi penghalang terutama berupa regulasi pemerintah, misalnya tidak ada aturan kewajiban bisa berbahasa Indonesia bagi tenaga kerja asing di Indonesia.

Nah, ada beberapa faktor yang sebenarnya bisa membuat bahasa Indonesia layak menjadi bahasa dunia internasional. Dari sekian banyak saya akan ambil lima faktor penting tersebut.

Baca Selengkapnya

DRadio 104,3 FM Jambi