Jalan Kabupaten Rusak, Warga Tolak Kehadiran PT. BJU di Desa Pompa Air

Ilustrasi aktivitas tambang batubara.
Ilustrasi aktivitas tambang batubara.

BATANGHARI, AksesNews – Rencana PT. BJU (Bara Jambi Utama) Perusahaan batubara yang akan beroperasi di Desa Pompa Air, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi menggunakan jalan umum untuk operasional mereka.

Diketahui, ada 4 desa yang dilalui oleh kendaraan yang akan mengangkut hasil tambang dari PT. BJU tersebut.

Desa yang akan dilalui kendaraan angkutan batubara milik PT. BJU yakni Desa Pompa Air, Desa Sungkai, Desa Singkawang dan Desa Kilangan, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, warga setempat pun sempat protes rencana PT BJU yang akan beroperasi di daerahnya.

Saat dikonfirmasi, Kabid Perizinan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Batanghari, Novery saat dikonfirmasi enggan berkomentar banyak terkait perizinan operasional tambang batubara PT. BJU.

“Maaf lebih baik tanya ke Dishub, lagian saya sedang nyetir menuju Jambi dari Jakarta,” kata Novery saat dikonfirmasi media ini, Sabtu (20/05/2023).

Sebelumnya, warga menolak kehadiran PT. BJU dikarenakan banyak faktor dan polemik yang akan terjadi di daerah tersebut. Seperti rusaknya jalan kabupaten yang baru saja diperbaiki dan konflik tersendiri yang hadir nantinya antara masyarakat dan sopir truk angkutan batu bara milik PT. BJU. (Wjs/*)