Beranda Advertorial Selain Targetkan Program, Forum OPD Juga untuk Pertajam Indikator

Selain Targetkan Program, Forum OPD Juga untuk Pertajam Indikator

TANJABBAR, AksesJambi.com – Dengan pendekatan partisipatif, forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai wadah untuk melakukan sinergitas antara usulan kegiatan yang bersifat spasial dan sektoral.

Hal ini disampaikan Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Safrial, membuka rapat koordinasi teknik pembangunan sekaligus membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah yang digelar di Aula Kantor Bappeda. Selasa (19/02/2019).

Bupati menjelaskan, Forum perangkat Daerah ini merupakan salah satu tahap lanjutan dari rangkaian penyusunan rancangan rencana kerja dan RKPD Tanjabbar. Sebelumnya juga telah dilakukan musrenbang desa/kelurahan dan kecamatan dengab berbasis E-Planning.

Menurutnya, forum perangkat daerah ini merupakan wahana antara pihak-pihak yang menerima dampak dari progran serta kegiatan OPD sebagai bentuk perwujudan pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.

“Selain itu forum OPD ini juga untuk mempertajam indikator serta target program dan kegiatan OPD,” kata Bupati.

Dihadapan peserta rapat yang dihadiri oleh anggota dewan, Asisten Administrasi Umum dan Kesra, Kepala Bapeda dan Kepala OPD lainnya, Bupati menegaskan, pelaksanaan forum OPD ini harus menggunakan pendekatan partisipatif dan pendekatan teknokratis.

Bupati berharap dengan pendekatan partisipatif dapat menjadikan forum OPD ini sebagai wadah untuk melakukan sinergitas antara usulan kegiatan yang bersifat spasial dan sektoral.

Sedangkan melalui pendekatan teknokratis Bupati berharap lebih fokus pada data dan ukuran pencapaian teknis yang dikembangkan OPD. “Kepada seluruh OPD untuk menyempurnakan rencana kerja agar lebih mengakomodir program dan kegiatan kecamatan, desa dan kelurahan,” kata Safrial mengingatkan.

Sementara itu, kepada Camat, Bupati berharap agar dapat mendengar langsung arah kebijakan program dan kegiatan OPD serta memberikan masukan dan usulan kegiatan untuk mengatasi persoalan yang ada di wilayah kecamatannya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi