Korsleting Listrik, Alfamart di Kota Jambi Hampir Terbakar

Pemadam kebakaran saat berusaha padamkan api di Alfamart. Foto: Ist
Pemadam kebakaran saat berusaha padamkan api di Alfamart. Foto: Ist

KOTAJAMBI, AksesNews – Gedung Alfamart yang berada di Kelurahan Paal 5, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi, mengalami kebakaran, Selasa (18/10/2022). Sebanyak 5 armada dikerahkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Jambi, untuk menjinakkan api tersebut.

Saat itu, sekitar pukul 14.00 WIB sebelum Damkar Kota Jambi datang, seorang pedagang tekwan memberitahukan bahwa terdapat api yang membakar bagian atas bangunan Alfamart ini. Para pekerja pun langsung keluar untuk menyelamatkan diri.

“Saat itu lagi bertugas sebagai kasir. Tiba-tiba pedagang tekwan masuk ke dalam, dan mengatakan ‘ada kebakaran di luar.’ Kami (sebanyak 3 orang) keluar langsung,” ujar Dea, pekerja di Alfamart tersebut.

Ia mengatakan sebelumnya tidak mencium bau asap, sehingga tidak langsung menyadari adanya kebakaran tersebut. “Awalnya tidak ada kecurigaan. Kami di bawah tidak mencium bau asap,” tutur Dea.

Tak lama kemudian, para petugas Damkar Kota Jambi datang, dan langsung menyemprotkan air ke arah bagian atas bangunan itu. Sebanyak 6 orang di antaranya, juga menaiki lantai dua untuk memadamkan api yang membakar bagian dalam bangunan.

Petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan lantaran terdapat akses bangunan yang tertutup. Terpaksa petugas membuka genteng, dan memadamkan api melalui atap. Setelah berjibaku selama berkisar 1 jam, barulah api berhasil dipadamkan.

Kepala Damkar Kota Jambi, Feriadi mengatakan ruangan yang terbakar itu kosong atau tidak ada barang yang tersimpan. Api juga tidak menyambar bagian bawah bangunan.

“Barang-barang dagangan Alfamart tidak ada yang terbakar, karena api tidak sampai ke bawah,” ujarnya.

Ia mengatakan kemungkian kebakaran ini disebabkan korsleting listrik. Sebab, di plafon yang terbakar ada kabel yang sudah tua.

“Dugaan sementara kebakaran ini disebabkan korsleting listrik. Karena apabila kabel tua panas, dapat menimbulkan percikan api,” pungkasnya. (Msa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here