Bertemu Dubes Singapura, Habibie: Kita Bahas Peluang Ekspor Produk UMKM

JAMBI, AksesNews – Bertemu Duta Besar (Dubes) Singapura, pelaku usaha asal Jambi yang difasilitasi oleh Deswan Hardjo Putra, selaku Sekretaris Jendral Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit Indonesia (APCASI) melakukan pertemuan dengan Dubes Republik Singapura untuk Indonesia, Kwok Fook Seng.

Dalam kunjungan tersebut, Dubes Republik Singapura untuk Indonesia didampingi oleh Konjen Singapura, Edmund Chia, dan Sekretaris Pertama Kedubes Singapura, Samuel Woon, di VIP Room, Restoran Pondok Kelapa, Jumat (16/12/2022) kemarin.

Sementara itu, Sekretaris Jendral APCASI, Deswan Hardjo Putra didampingi Sudjarwo Branch Manager Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Cabang Jambi dan Ketua DPD REI Cabang Jambi, Ramond Fauzan serta Habibie Wakil Sekretaris I Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jambi.

Wakil Sekretaris I HIPMI Jambi, Habibie selaku penggiat UMKM sangat mendukung untuk umkm ekspansi ekspor dan ia berterima kasih kepada Deswan Hardjo Putra yang telah memfasilitasi dan memberikan support.

“Kita berharap setelah pertemuan ini, ada peluang UMKM Jambi untuk dapat ekspor ke Negara Singapura. Sudah ada UMKM yang kualitas produknya sudah memenuhi kategori untuk di ekspor,” katanya.

Sekretaris Jendral APCASI, Deswan Hardjo Putra didampingi Sudjarwo Branch Manager Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Cabang Jambi dan Ketua DPD REI Cabang Jambi, Ramond Fauzan serta Habibie Wakil Sekretaris I Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jambi. Foto: Ist

Memang ini luar biasa, pihaknya bisa langsung akses dengan Duta Besar. Beberapa bulan yang lalu pihaknya juga sudah melakukan pengiriman madu ke Singapura, tapi melalui pembeli dari Batam.

“Jadi ke depannya, nanti kita akses pengiriman dari Pelabuhan Jambi langsung ke Singapura,” sebutnya.

Dalam pertemuan itu, membicarakan upaya membuka pasar eksport direct call ke Singapura baik dalam bentuk energi maupun dalam bentuk food serta produk apapapun karena kedekatan jalur ekspor ke Singapura.

Menurut Deswan, ekspor langsung ke Singapura akan memberikan dampak pada biaya logistik yang lebih murah karena wilayah Jambi dan Singapura sangat dekat dan tidak memerlukan transit melalui pelabuhan lainnya.

“Respon Dubes sangat bagus dan sangat mendukung. Malahan ia berharap setelah pertemuan ini ada tindaklanjutnya yang lebih nyata. Mereka siap support untuk mempertemukan antara pengusaha dari Jambi maupun pengusaha dari Singapura mereka akan siap memfasilitator dan menjadwalkan pertemuan,” jelasnya. (Bjs/*)