Beranda Akses Kisah Traveller Jambi Jelajahi 10 Negara ASEAN dengan Budget Minim

Kisah Traveller Jambi Jelajahi 10 Negara ASEAN dengan Budget Minim

FOTO: Bhima Wibawa/Traveller Jambi
FOTO: Bhima Wibawa/Traveller Jambi

JAMBI, AksesNews – Apa anda ingin keliling dunia tapi terkendala biaya? memang kalau berbicara masalah biaya, kita banyak berpikir ulang. Tapi tidak untuk pria millenial traveller asal Jambi, Bhima Wibawa yang merupakan Founder Pesona Jambi ini telah mengelilingi 10 Negara ASEAN (Association of Southeast Asian Nations).

Pria yang akrab disapa Bhima, menuliskan kisah perjalanannya pada blog indonesianjourneys.blogspot.com dengan judul “Menjelajahi Asia Tenggara dengan Budget 10 Jutaan Ala Backpacker, Why Not?”.

Saat ini, Bhima sudah merealisasikan dan mewujudkan mimpinya untuk keliling dunia dengan biaya yang minim. Selain itu, foto-foto dari perjalanannya Bhima diunggah pada akun Instagramnya @bhimawibawa.

“Perjalanan mengelilingi negara ASEAN ini sebenarnya bukan merupakan perjalanan yang direncanakan sebelumnya, karena agenda yang seharusnya akan saya lakukan di tahun 2019 ini adalah menyelesaikan trip lanjutan ke provinsi lainnya di pulau Sulawesi yang sempat saya mulai di bulan Desember 2018 lalu,” kata Bhima.

Bahkan, menurutnya jika akhirnya akan memutar haluan berpetualang menyusuri seluruh negara ASEAN pun tidak terpikir masuk kedalam daftar wishlist sama sekali. Ide berawal dari keisengan mengecek harga tiket pesawat dari Palembang menuju Singapore menggunakan maskapai Scoot, hanya Rp 300 ribu.

Wooawwwh !!!! It Such an amazing price. Sebuah harga yang benar-benar sangat murah bahkan jika dibandingkan dengan harga tiket pesawat dari Jambi ke Jakarta saat itu di bulan Maret yang justru hampir menyentuh harga satu juta rupiah,” ungkapnya,

Rasa penasaran pun berlanjut, berhubung negara Singapore sudah pernah ia kunjungi, singkatnya Bhima pun kepikiran bagaimana jika dirinya melanjutkan tracking harga penerbangan ke Vietnam, negara yang katanya sangat ramah kantong untuk melakukan traveling dan sekaligus menyambangi ke negara belum pernah dikunjunginya itu.

“Cek dan ricek pun menunjukkan hasil yang menggiurkan, ternyata dari Palembang ke Ho Chi Minh City harga tiketnya hanya 800 ribuan, tentu ini harga yang sangat worth it. Saya bisa keluar negeri dengan harga semurah itu dan akhirnya saya putuskan untuk beralih menuju trip ke luar negeri,” jelas Bhima.

Karena sudah kepalang tanggung, Bhima memantapkan diri menuju Vietnam dan menyelesaikan trip ke seluruh negara Indochina sekalian saat itu. Karena hampir seluruh negara di Indochina dari berbagai sumber informasi yang ia dapatkan bisa dilalui menggunakan bus antar negara.

“Satu bulan saya berusaha memantapkan diri dan akhirnya saya putuskan untuk tidak hanya mendatangi negara Indochina, kepalang tanggung lebih baik seluruh negara ASEAN saya selesaikan sekaligus daripada nanti mesti mengulang lagi,” kata Bhima menceritakan awal ide perjalanannya.

Selama 17 hari Bhima menjelajahi 10 Negara di Asia Tenggara, antara lain yang pertama tentu saja Indonesia, kemudian berlanjut ke Singapore, Vietnam, Cambodia, Thailand, Laos, Myanmar, Phillippines, Brunei darussalam dan Malaysia, dengan total biaya yang dihabiskan Rp. 10.478.516,70,- dari tanggal 02-19 Agustus 2019. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi