Beranda Akses BPS: Penduduk Miskin di Jambi Menurun

BPS: Penduduk Miskin di Jambi Menurun

JAMBI, AksesNews – Persentase penduduk Miskin atau penduduk yang pengeluaran perkapita perbulan di bawah garis kemiskinan di Provinsi Jambi pada Maret 2019 mencapai 7,60 persen dengan jumlah penduduk miskin sebanyak 274,32 ribu orang. Hal tersebut mengalami pengurangan di bandingkan pada September 2018 lalu.

Dibandingkan September 2018 lalu, pada Maret 2019 wilayah perkotaan menurun menjadi 9,81 persen dengan jumlah penduduk miskin 1,4 ribu orang. Sedangkan di pedesaan juga menurun hingga 6,53 persen dengan jumlah penduduk miskin 159,24 ribu orang.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan mengatakan untuk mengukur kemiskinan, BPS menggunakan konsep kemampuan memenuhi kebutuhan dasar, Senin (15/07/2019).

“Dengan pendekatan ini, kemiskinan dipandang ketidak mampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makan dan bukan makan yang diukur dari pengeluaran,” jelas Dadang.

Selanjutnya, metode yang di gunakan adalah menghitung Garis Kemiskinan (GK) yang terdiri dari komponen Garis Kemiskinan Makanan (GKM) dan Garis Kemiskinan Bukan Makanan (GKBM).

Dadang mengatakan, peran komoditi makanan terhadap GK jauh lebih besar dibandingkan peran komoditi bukan makanan baik di perkotaan maupun di pedesaan

“Sumbangan GKM terhadap GK di perkotaan pada Maret tercatat 74,20 persen, sedangkan di pedesaan mencapai 78,12 persen,” pungkasnya.(Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi