Beranda Akses Polisi Temukan Ladang Ganja di Perkebunan Kopi Kerinci

Polisi Temukan Ladang Ganja di Perkebunan Kopi Kerinci

KERINCI, AksesJambi.com – Jajaran Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Kerinci menemukan ladang ganja di Desa Koto Baru Jujun, Kecamatan Keliling Danau, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Minggu (14/07/2019).

Kasat Narkoba Polres Kerinci, Iptu Sopyan Harahap mengatakan, timnya berhasil menemukan tanaman narkotika jenis ganja di ladang Desa Koto Baru Junjun, pada Kamis 11 Juli 2019 lalu.

Tanaman ganja tersebut, terbagi di 3 lokasi, namun sebagian sudah siap panen. “Penemuan tanaman ganja ini setelah mendapatkan informasi dari warga, bahwa di area perkebunan kopi Desa Koto Baru Jujun, ada yang menanam ganja,” ungkap Sopyan.

Menjelaskan kronologisnya, Sopyan melanjutkan bahagia setelah mendapatkan informasi tim Stresnarkoba Polres Kerinci langsung menuju lokasi seperti informasi yang di dapat. Sekira pukul 15.00 wib, Tim menemukan tanaman ganja tersebut.

“Dengan berjalan kaki sepanjang 5 Km, kami menemukan tanaman ganja yang disebar di tiga lokasi area kebun kopi,” jelasnya.

Pada lokasi pertama, tanaman ganja sebanyak 11 batang ukuran besar, selanjutnya lokasi kedua sebanyak 9 batang ukuran kecil dan terakhit di lokasi ketiga sebanyak 1 (satu) batang ukuran besar.

“Tanaman ganja yang ditemukan, sengaja di tanam dan di pupuk sehingga tumbuh dengan subur. Sebagiannya sudah besar dan siap panen,” katanya.

Barang bukti yang sudah diamankan berupa pohon ganja. Barang bukti tersebut, sudah di bawah ke Mapolres Kerinci untuk penyelidikan lebih lanjut.

Diduga pemilik tanaman ganja tersebut, iyalah LD sesuai dengan keterangan saksi. “Saat ini tim Satresnarkoba Polres Kerinci masih mendalami dan melakukan penyelidikan terkait kepemilikan tanaman ganja tersebut,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pelaku bisa diancam dengan pasal 114 ayat (1) dan pasal 111 ayat (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (Bjs/Alpin/Jnf)