Beranda Akses Jalan Sepanjang 100 Meter Tertimbun Longsor, Akses Dua Desa di Merangin Tertutup

Jalan Sepanjang 100 Meter Tertimbun Longsor, Akses Dua Desa di Merangin Tertutup

MERANGIN, AksesJambi.com – Longsor sepanjang 100 Meter diruas jalan Muara Siau-Desa Lubuk Birah, Kabupaten Meringin Senin (12/11/2018) dini hari, yang mengakibatkan aktifitas ekonomi masyarakat Dua Desa, yakni Desa Lubuk Birah dan Desa Durian Rambun terganggu.

Selain tertutupnya akses jalan Dua Desa tersebut, masyarakat juga tidak bisa menikmati aliran listrik karena tiang listrik ikut tertimbun longsor.

Menanggapi hal tersebut, Peltu Camat Siau Abdul Lazik mengatakan, longsor yang terjadi tadi malam cukup besar. Dalam beberapa tahun terakhir, longsor kali ini merupakan bencana terbesar bagi warga setempat.

“Panjang badan jalan yang tertimbun longsor itu sekitar 100 meter. Tapi sekarang sepeda motor sudah bisa lewat,” kata Abdul Lazik, Senin (12/11/2018).

Menurutnya, ia baru saja pulang dari lokasi bersama Danramil serta Kapolsek dan Personil lainnya. Dikatakannya, bersama warga mereka telah melakukan pembukaan jalan dengan menebang pohon yang melintang diatas badan jalan tersebut.

“Untuk kayu-kayu, tadi kita potong dengan mesin chainsaw. Tapi untuk tanah, itu harus menggunakan alat berat,” jelasnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak PUPR Kabupaten Merangin. Informasi dari pihak PUPR, mereka telah menurunkan alat berat.

Ketika dikonfirmasi mengenai kondisi masyarakat disana, Abdul Lazik mengatakan bahwa masyarakat disana baik-baik saja, untuk memenuhi kebutuhan ransum, saat ini sudah bisa menggunakan sepeda motor.

“Cuman tadi listrik masih padam. Sebab tiang listrik patah. Tapi tadi petugas PLN sudah turun kelapangan. Saya lihat tadi mereka bawa tiang sementara,” pungkasnya. (Sbn)

DRadio 104,3 FM Jambi