Beranda Akses Perusahaan Perkebunan Diingatkan Siap Siaga Cegah Karhutla

Perusahaan Perkebunan Diingatkan Siap Siaga Cegah Karhutla

JAMBI, AksesNews – Kesiapsiagaan penaggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Bersama dengan Korem 042/Gapu dan Pemprov Jambi, Dinas Perkebunan gelar rapat koordinasi (Rakor) kebakaran lahan dan kebun tahun 2019 dengan perusahaan-perusahaan perkebunan wilayah provinsi Jambi di Balai Prajurit Makorem 042/Gapu, Kamis (11/07/2019).

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agusrizal mengatakan rapat koordinasi ini untuk melihat dan mendata kesiapsiagaan perusahaan pada regu-regu pemadam yang ada di perusahaan-perusahaan perkebunan dan Kehutanan.

Terkait iklim, menurut Agusrizal tahun ini musim kemaraunya tidak panjang dikarenakan status Elnino ringan, namun dirinya tetap meminta seluruh elemen tetap siaga.

“Tahun ini memang kondisinya mungkin kemarau tidak terlalu panjang karena El Nino lemah. Jadi kita tetap meminta Setiap perusahaan melakukan persiapan setiap regunya, siapkan peralatannya, kemudian kita mulai aktifkan posko kebakarannya, karena sekarang ini belum, baru siap darurat,” jelasnya.

Untuk titik rawan, terdapat 8 kabupaten, yang mana Hotspot terbanyak di wilayah Merangin. “Artinya kita mengimbau perusahaan terdekat yang mungkin berada di sekitarnya untuk siap siaga jangan sampai ada kebakaran,” ujarnya.

Jika ada pelaku pembakaran lahan dengan di bakar, Agusrizal juga menyampaikan akan di beri tindakan tegas terhadap pelaku walaupun perusahaan yang melakukannya.

“Tindakan tegas kepada pelaku pembakaran hutan, yang jelas ada proses hukum bahwa sanksi-sanksi pidana yang jelas, pencabutan izin juga, kemudian kesiapsiagaan regunya itu juga menjadi pertimbangan. Kalau tidak ada peralatan, tidak punya regu pemadam menjadi pertimbangan, berarti perusahaan ini tidak komitmen menjaga konsesi,” pungkasnya. (Alpin)