Beranda Akses Video: Cara Memasang Tengkuluk, Penutup Kepala Khas Perempuan Jambi

Video: Cara Memasang Tengkuluk, Penutup Kepala Khas Perempuan Jambi

JAMBI, AksesNews – Tengkuluk berarti penutup kepala dan sering disebut takuluk atau kuluk. Selain berfungsi sebagai salah satu pelengkap busana tradisional, tengkuluk juga bisa digunakan dalam acara formal, pesta adat serta pelindung kepala saat di sawah.

Seiring bergulirnya waktu, fungsi tengkuluk tidak hanya sekedar penutup kepala saja, tetapi menjadi lebih kompleks, sebagai alat atau penunjuk agama dan status sosial. Hingga kini, tengkuluk masih tetap setia menjadi simbol kecantikan dan keluhuran budi wanita Melayu Jambi.

Hingga saat sekarang tengkuluk dalam bentuk asli masih di pakai oleh orang-orang tua di dusun-dusun, yang mena penggunaan tengkuluk yaitu dengan melilitkan kain di atas kepala sesuai dengan fungsinya, tanpa menggunakan peniti ataupun jarum.

Cerminan keluhuran budi terlihat pada saat wanita-wanita Jambi hendak keluar rumah mereka tetap akan menutup kepala mereka. Di dalam islam, diwajibkan karena menutup aurat itu wajib. Di dalam adat mencerminkan kesopanan dan penghormatan terhadap ninek mamak.

Menurut Kepala Museum Siginjai Jambi, Leni Nurleni bahwa seiring perkembangan waktu, tengkuluk mengalami perubahan bentuk. Hingga saat ini, terdapat 98 jenis tengkuluk di Jambi, salah satunya Tengkuluk Daun Sirih yang berasal dari Kabupaten Batanghari. (Bjs)