Beranda Akses Polisi Tangkap 3 Pelaku ‘Illegal Logging’ di Muaro Jambi, 5 Kubik Kayu...

Polisi Tangkap 3 Pelaku ‘Illegal Logging’ di Muaro Jambi, 5 Kubik Kayu Disita

JAMBI, AksesNews – Polda Jambi bersama Tim Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), TNI, dan Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jambi kembali mengungkap kasus illegal logging atau pembalakan liar.

Kali ini, ada 3 orang pelaku yang berhasil ditangkap. Ketiganya merupakan warga Desa Sama Rasa, Petaling, Kabupaten Muaro Jambi. Mereka diamankan saat berada di kawasan hutan Desa, Petaling, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (02/06/2021) lalu.

“Hasil Patroli skala besar bersama tim gabungan, kita berhasil mengamankan 3 orang tersangka kegiatan illegal logging. Ketiganya ini merupakan komplotan lama yang sudah berulang kali melakukan kegiatan ilegal itu,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi, Kombes Pol Sigit Dany, Senin (07/06/2021) kemarin.

Para pelaku sudah 10 hari berada di hutan, hingga membuat pondok untuk tinggal di sana. Mereka berhasil masuk ke hutan melalui jalur sungai.

Sigit pun mengatakan para pelaku mendapatkan Rp 800.000 dari setiap penjualan kubik kayu yang berhasil diselundupkan.

“Jenis kayu yang diambil mulai dari jenis rimban campuran seperti meranti dan jenis kayu lain,” katanya.

Sementara itu, salah satu pelaku berinisial M mengatakan kayu-kayu yang berhasil diamankan Polda Jambi, rencananya dikirimkan ke Sumatera Selatan.

“Rencananya kayu-kayu ini dikirimkan ke daerah Sumatera Selatan kepada Pak Kardiyon, yang memberikan kami modal untuk ambil kayu ini. ” ungkapnya.

Barang bukti yang diamankan dalam kasus ini, yakni 5 kubik kayu, gergaji mesin, bensin, dan beberapa alat keperluan sehari-hari para pelaku.

Ketiga pelaku itu terjerat pasal 37 ayat 12 UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja perubahan atas pasal 82 UU Nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara dan denda Rp 2.5 Miliar.

Polda Jambi bersama Polda Sumatera Selatan rencananya akan mendalami kasus tersebut untuk menangkap pemodal illegal logging itu. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi