Diskominfo Batanghari Gelar Sosialisasi Pengisian Aplikasi SIDIA

BATANGHARI, AksesJambi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari mengadakan Sosialisasi Pengisian Aplikasi Sistem Informasi Data Induk Andalan (SIDIA) yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batanghari, Kamis (07/12/2023).

Acara sosialisasi tersebut, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Diskominfo Batanghari Roni, S.Kom mewakili Kepala Diskominfo Batanghari, Amir Hamzah yang berhalangan hadir langsung di Ruang Pola Kantor Bupati Batanghari.

Dalam sambutannya, Roni menyampaikan Satu Data menggunakan prinsip format terbuka dalam merilis data. Data tersedia dalam format terbuka yang mudah digunakan kembali, dengan tujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawal pembangunan.

“Diskominfo Batanghari telah membangun suatu Aplikasi yang disebut dengan Sistem Informasi Data Induk Andalan (SIDIA). Dengan adanya aplikasi data induk andalan SIDIA, ini kita telah melaksanakan amanat dari Perpres No. 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia,” katanya.

Aplikasi SIDIA ini merupakan Situs Website resmi Pemkab Batanghari, sebagai wujud operasional rilis dan pemanfaatan data terbuka. Untuk mendorong keterbukaan dan transparasi Data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan yang berbasis data.

Menurutnya, SIDIA ini juga bertujuan untuk mewujudkan open data terbuka untuk keterbukaan dan transparan untuk soal pembangunan yang berbasis data, meningkatkan kolaborasi dan kerjasama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersama Diskominfo dalam mewujudkan satu data di Kabupaten Batanghari.

Sosialisasi ini diikuti oleh semua pegawai perwakilan dari setiap OPD se-Kabupaten Batanghari. Serta narasumber yang mengajarkan arti penting aplikasi SIDIA dan mengenalkan cara, pengisian data dan fungsi kegunaannya. (Bjs/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here