Beranda Akses Menuju Kapolda Cup, Kapten Amru Siapkan Burung Rajo Alam Murai Asli Jambi

Menuju Kapolda Cup, Kapten Amru Siapkan Burung Rajo Alam Murai Asli Jambi

KOTAJAMBI, AksesJambi.com – Salah seorang anggota TNI AD, yang bertugas di Markas Kodim 0415/Batanghari, Kapten Amru SE MM hobi memelihara burung kicau. Berawal dari hobinya itu, Kapten Amru juga berhasil memenangkan event perlombaan burung kicau dibeberapa kesepakatan.

Disela-sela kesibukannya sebagai anggota TNI AD, diakuinya sudah sejak lama ia mempunyai hobi memelihara burung kicau. Sejak menginjak bangku SMA, sekitar tahun 1995 silam hingga saat ini, menjadi Prajurit hobinya tersebut tidak pernah pudar hingga sekarang.

“Memelihara burung kicau ini memang hobi saya sejak dulu. Mendengar suara burung dengan kicauan indah memiliki kepuasan tersendiri. Bahkan, di setiap tempat yang ditugaskan dipenuhi burung-burung berkicau dari berbagai jenis,” kata Kapten Amru, Minggu (22/07/2018).

Saat ini, disebutkannya ada banyak jenis burung kicau yang ia pelihara diantaranya, burung Murai Batu, Cucak Ijo, Kapas Tembak, Love Bird, Kenari, Siri-siri, Cililin dan banyak lagi burung masteran lainnya. Sudah banyak burung berkicau miliknya, pernah menang menjadi juara diberbagai even.

Pria yang bertugas sebagai Pasiintel Kodim 0415/Batanghari ini, mengatakan diantara burung berkicau, burung Murai Batu dikenal dengan kicauan yang indah. Untuk mendapatkan burung Murai Batu yang benar-benar mumpuni, tidak jarang ia harus mendatangkan dari Pelosok Nusantara.

Lanjutnya, ada Murai Batu dengan nama Granat dari Aceh yang saat ini lagi mabung. Maestro dari Tegal dari penangkaran Murai Nusantara. Panglima dari Cirebon lagi mabung, Orik dari Jambi, Trah Rampok dari Tegal.

Dari sekian banyak burung berkicau miliknya, yang selalu menjadi andalannya adalah Burung Rajo Alam Murai asli Jambi. “Saat ini Rajo Alam baru selesai mabung dan akan dipersiapkan untuk Kapolda Cup pada 5 Agustus 2018 mendatang,” jelasnya.

Mantan Dantim Intel 0415/Batanghari ini, mangaku puas dengan hobi kicau ini, apalagi masuk nominasi pada saat lomba. “Kita memang yang mencetak, bukan beli jadi, kita buat menjadi juara, disitu kepuasannya, sudah banyak burung kita yang jadi juara,” sebutnya.

Selama bertugas di Kota Jambi, untuk menjalin silaturahmi bagi penghobi burung berkicau, Kapten Amru juga membuat klub sendiri, yakni bernama SF Senapati 96 Jambi. Ia juga menilai Kicau Mania di Jambi sangat bagus.

“Penghobinya banyak sekali, prospek kicau mania sangat pesat berkembang. Hampir disetiap sudut kota ada lapangan untuk latihan prestasi. Setiap hari ada lapangan yang menyediakan untuk melatih burung,” pungkasnya. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi