Beranda Akses Program PINTAR Berikan Dampak Positif di Tanjab Timur

Program PINTAR Berikan Dampak Positif di Tanjab Timur

TANJABTIM, AksesJambi.com – Dampak positif kehadiran Program PINTAR Tanoto Foundation di Kabupaten di Tanjungja Jabung (Tanjab) Timur diapresiasi oleh mitra pemangku kebijakan di daerah tersebut.

Kualitas pembelajaran, manajemen sekolah, dan budaya baca di sekolah dan madrasah mitra Program PINTAR semakin membaik di bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim, Junaedi Rahmad, dalam kegiatan temu mitra pemangku kebijakan dan kepala sekolah tingkat Kabupaten Tanjabtim di aula Dinas Pendidikan Tanjabtim, Rabu (08/01/2020) kemarin.

Dikatakan Junaedi, Program PINTAR dari Tanoto Foundation membawa kemajuan di sekolah dan madrasah melalui paket pelatihan bagi kepala sekolah, guru, dan juga komite.

“Salah satu yang hebat dari Program PINTAR ini adalah setelah pelatihan selesai, peserta tidak dibiarkan jalan sendiri, namun didampingi di sekolah dan madrasah,” ungkapnya.

Ditambahkannya, guru yang telah dilatih jangan dibiarkan sendiri, dukungan juga harus datang dari kepala sekolah dan peran serta masyarakat.

“Seperti sewaktu saya menghadiri unjuk karya SMPN 4 Tanjabtim, guru didukung penuh oleh Kepala sekolah dan paguyuban orangtua siswa, mereka peduli, seperti menyumbang buku bacaan dan mendesain kelas agar indah,” ujarnya.

Junaedi berharap, apa yang dilakukan oleh warga SMPN 4 Tanjabtim ditiru oleh sekolah lainnya.

“Perlu dicontoh oleh sekolah lainnya, karena itu mencerminkan karakter dan budaya untuk bersama-sama memajukan sekolah,” katanya.

Sementara itu, Misba, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Tanjabtim mengaku senang dengan kemajuan guru madrasah yang mengikuti beragam paket pelatihan Program PINTAR dari Tanoto Foundation.

“yang pasti kami berterimakasih Program PINTAR Tanoto Foundation mengubah pola fikir guru madrasah. Kedepan bisa lebih maju lagi,” ujar Misba.

Misba mengaku banyak dampak positif setelah para guru mengikuti pelatihan. Siswa begitu aktif terlibat dalam proses belajar yang menyenangkan dan guru pun tampak menikmati perannya yang lebih sebagai fasilitator pembelajaran.

“Kinerja mengajar mereka semakin baik,” ujar Misba. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi