Beranda Akses Jalan Kecamatan Batang Asai di Sarolangun Longsor, Puluhan Desa Terisolir 

Jalan Kecamatan Batang Asai di Sarolangun Longsor, Puluhan Desa Terisolir 

SAROLANGUN, AksesJambi.com – Hujan deras disertai petir dan angin kencang yang melanda di wilayah Sarolangun, Jambi menyebabkan sejumlah ruas jalan Sarolangun-Batang Asai lumpuh total.

Longsor yang terjadi di jalan perbukitan kawasan Bukit Raya memutus akses Sarolangun-Batang Asai, sejak Sabtu (29/02/2020). Sebanyak puluhan desa di Kecamatan Batang Asai terisolir dan gelap gulita, akibat beberapa tiang listrik yang tumbang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun, Trianto mengatakan, longsor yang memutuskan akses Sarolangun-Batang Asai, disebabkan hujan deras yang melanda sejak Jumat (28/02/2020) malam hingga Sabtu (29/02/2020) pagi kemarin.

“Hujan deras disertai petir dan angin kencang kemarin yang menimbulkan longsor, sehingga tanah menutupi badan jalan. Akibatnya, jalan Sarolangun-Batang Asai dan sebaliknya lumpuh total,” kata Trianto, Minggu (01/03/2020).

Menurutnya, alat berat sudah diturunkan ke lokasi jalan yang tertimbun longsor. Sebagian material longsor sudah dapat dibersihkan. Sepeda motor sudah bisa melewati ruas jalan yang sempat tertimbun longsor sejak kemarin.

“Kami mengupayakan ruas jalan Sarolangun-Batang Asai sudah bisa dilalui kendaraan, Minggu (01/03/2020) malam. Hingga Minggu sore, sebagian besar material longsor sudah dibersihkan,” ungkapnya.

Namun listrik belum bisa hidup di puluhan desa di Kecamatan Batang Asai hingga Minggu malam, karena tiang listrik yang tumbang dan kabel listrik yang putus akibat longsor belum diperbaiki. (TeamAJ)

DRadio 104,3 FM Jambi