Beranda Advertorial Perdayakan UMKM, Pemkab Tanjab Barat Targetkan 12 Ribu Masker untuk Masyarakat

Perdayakan UMKM, Pemkab Tanjab Barat Targetkan 12 Ribu Masker untuk Masyarakat

TANJABBAR, AksesJambi.com – Sebanyak 13 Usaha Menegah Kecil dan Mikro (UMKM) di Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat dilibatkan dalam pembuatan 10 ribu masker kain. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tanjab Barat, Syafriwan, Senin (13/04/2020).

Syafriwan menyampaikan bahwa nantinya 13 UMKM di Kabupaten Tanjab Barat akan di upayakan untuk membuat 10 ribu masker tersebut. Seterusnya, masker yang dibuat tersebut akan didistribusikan kepada sejumlah masyarakat yang ada di Tanjab Barat.

“Jadi tahap pertama ini akan disalurkan 10 ribu masker kain itu dari tenaga kerja dengan tambahan ada 2 ribu dari Koperindag. Jadi total akan ada 12 ribu masker yang kita distribusikan,” ujarnya.

Dirinya menegaskan bahwa masker nantinya akan didistribusikan secara gratis. Pembuatan masker ini pun dilakukan bekerjasama dengan UMKM dan industri kecil dibawah naungan Dinas Koperindag dan Dinas Ketenagakerjaan.

“Jadi sekitar 13 UMKM dan Usaha Kecil yang akan kita libatkan. Nanti kita lihat kondisinya dan tidak menutup kemungkinan kita akan tawarkan bagi UMKM yang ingin ikut,” ujarnya.

Menurut Syafriwan, bahwa rencana pembagian masker kain ini sebagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanjab Barat untuk mencegah penyebaran Covid 19. Namun disisi lain, dengan memperdayakan UMKM di Kabupaten Tanjab Barat diharapkan dapat membantu UMKM.

“Selain sebagai tujuan Pemda untuk pencegahan Covid 19. Ini juga untuk membantu perekonomian UMKM kita,” sebutnya.

Sampai dengan saat ini, berdasarkan laporan yang ada, sudah ada 3.870 masker kain yang sudah selesai di buat. Adapun pendistribusian akan dilakukan bersamaan dengan selesainya target 12 ribu masker.

“Sekarang dari laporan di kita Koperindag ada 2 ribu dan dari Naker ada 1.870 masker kain. Jadi dalam waktu dekat bisa kita kasih ke masyarakat dan mudah-mudahan ini cepat selesai,” pungkasnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi