Beranda Daerah Syufrayogi: Kita Harus Menjaga dan Melestarikan

Syufrayogi: Kita Harus Menjaga dan Melestarikan

TANJABBAR, AksesJambi.com – Memperingati hari bumi sedunia Mapala Stai An-Nadwah Kuala Tungkal Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) menggelar seminar satu mangrove sejuta kehidupan dan penanaman pohon mangrove di kawasan parit 9 di Desa Tungkal 1, Sabtu (6/4/2019).

Seminar digelar di aula kampus STAI An-Nadwah yang menghadirkan pemateri ternama yang paham tentang keadaan alam di Kabupaten Tanjabbar yaitu Syufrayogi Syaiful selaku Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tanjabbar.

Syufrayogi Syaiful Atau yang sering di panggil Yogi ini menyampaikan kepada para peserta seminar bahwa tingkat kerusakan lahan mangrove di Indonesia akibat berbagai sebab diantaranya penebangan dan alih fungsi lahan mangrove menjadi areal tambak dan aktivitas ekonomi lainnya.

“Mangrove merupakan pohon yang memiliki ekosistem yang ramah, jadi kita harus menjaga dan melestarikan,” kata Yogi.

Lanjut Yogi menjelaskan tentang sinergitas antara pemerintah, lembaga, dan masyarakat untuk mencapai keberhasilan menjaga dan melestarikan hutan mangrove.

“Kita selaku generasi muda harus kerja bersama lintas Kementerian/Lembaga, Swasta dan Mapala yang peduli,” terangnya.

Yogi selaku Caleg Nomor 8 Dapil 1 mengatakan proses rehabilitasi juga jangan sampai menyingkirkan masyarakat dan wajib mendapatkan manfaat dari hutan mangrove. Cara yang akan digunakan adalah dengan melibatkan juga pihak-pihak terkait untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana melindungi hutan mangrove tetapi masyarakat juga tetap mendapatkan keuntungan.

“Memanfaatkan tapi menjaga kelestarian hutan mangrove sesuai prinsip sustainable,” tutupnya.

Tujuan kegiatan ini untuk menjalin hubungan sinergis antara pemerintah dan Mapala serta dengan masyarakat untuk meningkatkan kepedulian bersama pentingnya kualitas lingkungan hidup dengan mengetahui manfaat pohon mangrove. (Andika)