Beranda Akses Ragam Masalah yang Dihadapi saat Distribusi Vaksin Covid-19

Ragam Masalah yang Dihadapi saat Distribusi Vaksin Covid-19

JAKARTA, AksesNewsDalam mewujudkan pelaksanaan vaksinasi Covid 19 memang memiliki proses yang cukup panjang dan ada beberapa kendala serta hambatan yang menyelingi, terutama pada tahap pendistribusian vaksin virus Corona.

Ada beberapa kendala yang cukup menyulitkan pemerintah dalam menangani pelaksanaan vaksinasi yang digadangkan akan dilakukan secepatnya setelah proses uji klinis selesai. Salah satu diantaranya yang menjadi kendala berhubungan dengan proses distribusi vaksin yaitu kondisi wilayah di Indonesia yang sangat luas dan terdiri dari kepulauan.

Sebagaimana telah disampaikan oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, pada tayangan akun YouTube FMB9ID IKP pada Senin (14/12) lalu. Kendala yang cukup menyulitkan yakni ada beberapa daerah-daerah yang disebut daerah terpencil yang sulit dijangkau serta daerah pada perbatasan yang dirasa memiliki kondisi jalan yang sulit di akses.

Hal yang Menjadi Kendala Pendistribusian Vaksin di Indonesia

  1. Pentingnya Menjaga Kestabilan Suhu Vaksin Pada Proses Pengiriman

Kendala pertama ketika proses distribusi vaksin berlangsung adalah pentingnya menjaga kestabilan suhu dalam kontainer atau tempat penyimpanan vaksin pada kendaraan. Untuk itu diperlukan tambahan peralatan tambahan untuk menjaga kondisi suhu vaksin agar tetap dingin.

Dalam proses pengiriman diperlukan dua cara agar kondisi suhu pada vaksin tetap terjaga yaitu penggunaan alat pendingin aktif dan alat pendingin pasif.

Alat pendingin aktif yaitu alat pendingin yang menggunakan sumber daya listrik dalam mengaktifkan fungsinya, seperti penggunaan baterai. Dengan penggunaan alat seperti ini akan memakan cukup banyak biaya dalam pendistribusian vaksin.

Sedangkan untuk alat pendingin pasif, di dalam kontainer atau tempat penyimpanan vaksin pada kendaraan, diletakkan susunan kantong es kering untuk menjaga kondisi suhu vaksin tetap dingin.

Meskipun bukan kendala yang serius, hal ini sedikit memberikan kesulitan kepada pihak yang bertugas dalam mendistribusikan vaksin terutama pada perjalanan yang jauh.

Mengapa harus dijaga kondisi suhunya? Hal ini bertujuan untuk menjaga vaksin agar tetap dalam keadaan yang baik dan tidak mengalami kerusakan guna menjaga kualitas dan efektivitasnya.

  1. Kondisi Wilayah dan Geografis di Indonesia

Kendala utama yang menjadi hambatan cukup besar yaitu kondisi wilayah dan geografis di Indonesia. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia.

Kesulitan terbesar yang terjadi ketika melakukan distribusi ke wilayah terpencil, wilayah perbatasan dan wilayah yang memiliki akses jalan yang kurang memadai.

Meski menyulitkan, pemerintah akan mengupayakan pendistribusian vaksin virus Corona agar tetap berjalan dengan semestinya, sehingga tidak menghambat proses pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dan wilayah-wilayah yang memiliki kondisi jalan yang sulit di akses.

  1. Biaya Transportasi yang Mahal

Telah disinggung sebelumnya bahwa Indonesia memiliki wilayah yang terdiri dari banyak pulau. Untuk menjangkau pulau-pulau tersebut akan membutuhkan transportasi yang lebih memadai seperti penggunaan transportasi udara dan transportasi laut yang memerlukan biaya yang tidak sedikit pula.

Selain penggunaan transportasi udara dan laut, dibutuhkan juga transportasi darat seperti truk pengangkut untuk mendistribusikan vaksin ke titik-titik wilayah yang telah ditentukan.

Pada proses pendistribusian ini sendiri, akan memakan banyak pengeluaran pada sektor transportasi, sehingga hal tersebut cukup menjadi kendala.

Meskipun pemerintah mengupayakan dapat menangani kendala tersebut, namun akan memangkas banyak anggaran negara yang akan digunakan.

Nah, itulah 3 hal yang menjadi kendala dalam proses pendistribusian vaksin virus Corona di Indonesia yang dianggap cukup menyulitkan.

Dengan adanya beberapa kendala tersebut, tidak menyulitkan pemerintah dalam memberikan vaksinasi gratis kepada warga masyarakatnya.

Pada 15 Desember 2020 lalu, Presiden Joko Widodo menyatakan secara resmi bahwa harga vaksin corona di Indonesia adalah nol rupiah alias gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Apakah Anda siap melakukan vaksinasi di kemudian hari? Ada beberapa orang yang masih meragukan mengenai keamanan vaksin tersebut.

Bila Anda masih merasa ragu-ragu mengenai keamanan vaksin yang akan digunakan pemerintah pada pelaksanaan vaksinasi nanti, Anda dapat mencari tahu tentang spesifikasi jenis-jenis vaksin virus Corona melalui aplikasi Halodoc.

Di aplikasi tersebut Anda juga akan menemukan bermacam informasi mengenai dunia kesehatan yang informatif dan bermanfaat. (red)

DRadio 104,3 FM Jambi