Beranda Akses Tingkat Kesadaran Masyarakat Jambi Terapkan Protokol Kesehatan Meningkat

Tingkat Kesadaran Masyarakat Jambi Terapkan Protokol Kesehatan Meningkat

JAMBI, AksesNews – Petugas gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan Satpol PP yang berasal dari Korem 042/Gapu, Polda Jambi dan Pemprov Jambi terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan melalui Operasi Yustisi sesuai dengan Pergub Jambi No. 35 tahun 2020.

Operasi Yustisi yang digabung dengan Operasi Zebra Siginjai berlangsung di dua tempat yakni, di Depan Kantor LPMP Telanaipura dan sekitar Bandara Sultan Thaha, Taman Rimba Kota Jambi, Sabtu (31/10/2020). 

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi melalui Paur Mitra Humas Aipda Lilik Adhi mengatakan sasaran operasi kali ini adalah para pengguna jalan, baik pejalan kaki, pengendara sepeda motor maupun mobil yang lalai tidak menerapkan protokol kesehatan. 

Menurutnya, tujuan digelarnya operasi ini untuk menekan jumlah warga yang tertular Covid-19, apalagi seperti diketahui kasus Covid-19 di Kota Jambi terus meningkat setiap harinya.

“Oleh karena itu, Operasi Yustisi digelar sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah seperti menggunakan masker,” ujarnya.

Tingkat kesadaran masyarakat Jambi dalam menerapkan protokol kesehatan terus meningkat, ini dibuktikan dengan jumlah warga yang terjaring razia menurun dari bulan sebelumnya.

Dalam razia itu, ditemukan pelanggar sebanyak 74 orang yang terdiri dari 61 laki-laki dan 13 orang perempuan. Sementara untuk Operasi Zebra, petugas hanya melakukan teguran dan tidak diterapkan penilangan bagi yang melanggar peraturan lalu lintas. 

Untuk para pelanggar tersebut, diberikan sanksi berupa teguran lisan sekaligus diberikan edukasi pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19. Jangan baru menyesal, setelah tertular virus yang bisa menyebabkan kematian tersebut.

Dari pantauan di Lapangan, dalam operasi tersebut tidak hanya menjaring pelanggar protokol kesehatan, petugas gabungan juga membagikan sejumlah masker gratis dan pamflet keselamatan berlalu lintas kepada pengguna jalan yang melintas. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi