Beranda Akses Blogger dan Netizen Jambi Berkumpul Bicara Soal Hutan

Blogger dan Netizen Jambi Berkumpul Bicara Soal Hutan

FOTO: Para Blogger saat Rehat Kopi, di Swiss-Belhotel Jambi, Sabtu (31/08/2019).
FOTO: Para Blogger saat Rehat Kopi, di Swiss-Belhotel Jambi, Sabtu (31/08/2019).

JAMBI, AksesNews – Sebanyak 50 blogger, netizen dan media mengikuti “Forest Talk with Netizens – Jambi Menuju Pengelolaan Hutan Lestari” yang digelar oleh The Climate Reality Project (TRCP) Yayasan Doktor Sjahrir (YDS), di Swiss-Belhotel Jambi, Sabtu (31/08/2019) pagi.

Rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari, diskusi (pemaparan dan tanya jawab), pameran terbatas mengenai produk-produk hutan non kayu dan produk kreatif lainnya yang dapat dihasilkan dari pohon, demo masak kuliner hutan dan icip-icip kuliner hutan.

Dalam sesi diskusi, pemaparan materi Perubahan Iklim disampaikan oleh Dr. Amanda Katili Niode, Manager Climate Reality Indonesia. Setelah itu, Dr. Atiek Widayati, Tropenbos Indonesia menyampaikan tentang Pengelolaan Hutan Lestari dan Lanskap.

Selanjutnya, Murni Titi Resdiana, MBA, Kantor Utusan Khusus Presiden bidang Pengendalian Perubahan Iklim menyampaikan tentang Pohon dan Ekonomi Kreatif, dan terakhir mengenai Desa Makmur Peduli Api, disampaikan oleh Elly Telasari Asia Pulp and Paper.

Kegiatan ini diharapkan kepada kelompok Blogger serta netizen, agar berpartisipasi aktif dalam mengkampanyekan pentingnya pengelolaan hutan lestari di Indonesia, untuk mencegah laju kerusakan hutan dan meningkatkan penanaman kembali di kawasan yang sudah rusak.

Forest Talk with Netizens – Jambi Menuju Pengelolaan Hutan Lestari, Sabtu 31 Agustus 2019.

Selain itu, kelompok Blogger dan netizen diharapkan juga dapat mengangkat pentingnya meningkatkan ekonomi desa dengan prinsip kemitraan, baik melalui memanfaatkan program Perhutanan Sosial, yaitu menanam pohon-pohonan yang dapat menjadi bahan baku produk unggulan desa, dan menggulirkan ekonomi kreatif di desa tersebut atau dengan dukungan CSR perusahaan.

Yayasan Doktor Sjahrir memandang perlunya dilakukan peningkatan kemampuan para blogger terutama dalam hal kebijakan pengelolaan hutan lestari di Indonesia dan memberikan bukti contoh nyata di tingkat tapak dan memandang hal tersebut penting dalam mencapai pembangunan berkelanjutan dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

(Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi