Beranda Akses Badan Geologi PVMBG Minta Para Pendaki Tak Mendekat ke Kawah

Badan Geologi PVMBG Minta Para Pendaki Tak Mendekat ke Kawah

KERINCI, AksesJambi.com – Gunung Kerinci, Provinsi Jambi, Sumatera Barat mengalami erupsi, dengan tinggi kolom abu teramati ± 800 meter di atas puncak atau ± 4.605 meter di atas permukaan laut, Rabu (31/07/2019).

Menurut keterangan Kepala Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani, tinggi kolom abu teramati kurang lebih 800 meter di atas puncak dan berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur laut dan timur.

“Gunung Kerinci di Jambi mengalami erupsi siang ini. Kepada para pendaki diminta untuk tidak mendekat ke kawah dan puncak gunungnya. Saat ini Gunung tertinggi di Sumatra itu berada pada status Waspada atau level II,” tegasnya.

Selain itu, akun Instagram @kabargeologi, akun resmi Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, menyebutkan, Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci mencatat Gunung Kerinci mengalami erupsi pada pukul 12.48 WIB, Rabu (31/07/2019) siang.

Badan Geologi PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Kerinci disitus resminya magma.vsi.esdm.go.id, memberi beberapa rekomendasi untuk masyarakat, sebagai berikut:

1. Masyarakat di sekitar Kerinci dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki kawah yang ada di puncak Kerinci di dalam radius 3 km dari kawah aktif.

2. Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan. (Bjs/Jnf)

DRadio 104,3 FM Jambi