Beranda Akses Jambi Nihil Kasus Covid-19 Hari Ini: Posko Perbatasan Kembali Diaktifkan

Jambi Nihil Kasus Covid-19 Hari Ini: Posko Perbatasan Kembali Diaktifkan

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah. Foto: Humas Pemprov Jambi
Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah. Foto: Humas Pemprov Jambi

JAMBI, AksesNews – Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19), Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi kembali mengaktifkan posko di jalur perbatasan wilayah antar kota/kabupaten dan provinsi tetangga.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah mengatakan bahwa seiring terus meningkatnya kasus Covid-19 di Jambi, pihaknya kembali memperketat pintu masuk di perbatasan-perbatasannya dengan wilayah lain.

“Kita akan sama-sama mengawasi ini bersama sejumlah pihak yang di antaranya TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Satpol-PP. Posko ini dijaga sekitar 30-40 personel dari masing-masing instansi terkait,” kata Johansyah, Minggu (30/08/2020) sore.

Tambah 6 Positif dan Sembuh, Kasus Covid-19 di Jambi Tembus 302

Posko perbatasan ini secara resmi mulai aktif sejak 26 Agustus 2020, dengan memfokuskan penjagaan di tujuh titik lokasi.

Ketujuh posko tersebut, kata Johansyah, di antaranya yang diaktifkan kembali seperti perbatasan Jambi-Sumsel di Sebapo, Jambi-Riau di Suban, Jambi-Linggau di Singkut, Bungo-Sumbar di Jujuhan, Sungai Penuh-Sumbar di Tapan, Kerinci-Sumbar leter W dan di Pelabuhan Kapal Tungkal.

“Semua perbatasan tersebut, menjadi salah satu akses masuk ke wilayah Provinsi Jambi dari luar daerah atau wilayah tetangga. Sebagai antisipasi, maka ini (akses masuk Jambi) ini kita aktifkan lagi,” kata Johansyah.

Berdasarkan update sebaran data terbaru Covid-19 Jambi, suspek tambah 2 orang jadi 76 kasus, terkonfirmasi positif tetap 302 kasus, dirawat 148 pasien, sembuh tetap 149 orang, kematian 5 dan spesimen 116 tunggu.

Kasus Covid-19 Jambi Dekati Angka 300, Tebo Zona Orange

“Hari ini, tak ada penambahan kasus Covid-19 di Jambi masih berada di angka 302 kasus. Semua data masih sama dengan yang kemarin, kecuali kasus suspek yang hari ini bertambah 2 orang,” kata Johansyah.

Sementara itu, untuk peta zona Covid-19 Jambi juga masih berwarna kuning. Seluruh kabupaten/kota di wilayah Jambi semuanya masuk zona kuning Covid-19, kecuali Kabupaten Tebo yang berwarna orange atau zona resiko sedang.

“Kita masih zona kuning menuju hijau sedangkan wilayah tetangga orange bahkan merah, sehingga potensi penularan tinggi oleh tetangga melalui aktivitas transportasi,” pungkasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi