Beranda Akses Bantu Pengamanan, Polda Jambi Kirim 250 Pasukan Brimob ke Papua

Bantu Pengamanan, Polda Jambi Kirim 250 Pasukan Brimob ke Papua

JAMBI, AksesNews – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi mengirim personel Korps Brigade Mobil (Brimob) ke Papua, yang tergabung dalam Satgas Sunatera untuk membantu pengamanan dan menanggulangi setiap gangguan di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sebanyak 250 personil pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) itu diberangkatkan nanti malam, pesawat pukul 19.00 WIB,” kata Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS usai apel pelepasan keberangkatan personel Satbrimob Polda Jambi, Jumat (30/08/2019).

Kapolda Jambi, mengatakan personil yang diberangkatkan tersebut tergabung dalam Satgas Sunatera, antara lain Brimob Polda Jambi, Polda Sumatera Selatan, dan Polda Bengkuku, untuk membantu personil Polri yang sudah ada di Papua.

“Kita diminta 250 personil untuk BKO ke Polda Papua. Ada dari Polda Sumsel 250 personil, Polda Bengkulu 250 personil dan kita Jambi 250 personil kita sebagai Kasatgas,” jelasnya.

Kepada personel yang akan diberangkatkan, Kapolda Jambi mengatakan, tugas BKO ke Polda Papua merupakan panggilan negara. Sebagai pasukan yang dapat diandalkan, personel Brimob harus siap sedia ditugaskan dimana saja, dalam menjaga keutuhan NKRI.

Selain itu, Kapolda berpesan jika tugas di Papua tidaklah gampang. Namun bebekal pegalaman yang dimiliki, ia yakin personel Brimob Polda Jambi dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Laksanakan tugas dengan profesional, dengan mengedepankan hati nurani,” tegasnya.

“Kepada semua anggota yang berangkat untuk berhati-hati dan menjaga kondisi. Bauk fisik maupun yang ksehatan lainnya. Sholat dan ibadah lainnya jangan sampai ditinggalkan sebisa mungkin harus dilaksanakan,” harapnya.

Tak lupa, Kapolda Jambi juga berpesan untuk selalu waspada dan saling menjaga, serta jangan menganggap remeh situasi di Papua. Kapolda berharap agar pasukan Brimob yang diberangkatkan tersebut dapat kembali utuh seperti saat berangkat.

“Kita harapkan kembali dalam kondisi sehat walafiat tanpa ada kekurangan satu apapun. Berangkat 250 orang, nanti pulangnya juga harus 250 orang,” tegas Kapolda.

Saat ditanya berapa lama personel akan ditugaskan di Papua, Kapolda Jambi belum bisa memastikannya. Untuk masa tugas, masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pimpinan. “Yang jelas kita berharap situasi di sana (Papua, red) terkendali. Dan mohon doanya untuk keselamatan personel yang akan bertugas,” pungkasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi