Beranda Akses Jenazah Plt Kepala BPBD Merangin Dimakamkan di Kota Jambi

Jenazah Plt Kepala BPBD Merangin Dimakamkan di Kota Jambi

JAMBI, AksesNews – Proses pemakaman jenazah Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Merangin, Syafri berlangsung di Kota Jambi, Jumat (30/07/2021).

Almarhum sampai di rumah pribadinya, terletak di kawasan Sungai Sawang, Mayang Mangurai, Kota Jambi, pada pukul 03.00 WIB. 

Di rumah duka tersebut, sekitar pukul 11.00 WIB, tampak hadir Hesnidar istri Gubernur Jambi. Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli, jajaran dari BPBD Jambi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Marangin pun tampak di sana. 

Almarhum disalatkan di Masjid Nurul Sa’ada, yang berada Simpang III Sipin, Kecamatan Kota Baru, setelah salat jumat berlangsung. Dengan menggunakan ambulan, almarhum kemudian dibawa ke pemakaman Bumi Ikhlas, Kelurahan Suka Karya, Kota Baru. 

Sesampai di sana, tampak jajaran BPBD Merangin. Sebagian dari menggali pemakaman bersama keluarga almarhum, dan warga sekitar. 

Anak laki-laki almarhum di pemakaman. Dia sudah tampak tegar, tetapi turut mendoakan almarhum ayahnya. Sedangkan istrinya tidak terlihat di pemakaman, karena kabarnya sedang kurang sehat. 

Di tengah proses pemakaman, hadirlah Kepala BPBD Jambi Bachyuni. Dia ikut doa bersama keluarga, warga sekitar, dan jajaran BPBD. 

Dalam kesempatan ini, Bachyuni menyampaikan bahwa sangat kehilangan sosok Plt Kepala BPBD Merangin Syafri. Apalagi Bachyuni mempunyai kedekatan emosional dengan sosok itu. 

“Walaupun dia kepala BPBD kabupaten, saya anggap dia panutan, karena pengalamannya banyak. Mudah-mudahan beliau dapat tempat terbaik di sisi-Nya,” tuturnya, usai proses pemakaman.

Bachyuni mengatakan pada tahun 2002 dirinya pernah menjadi bawahan Plt Kepala BPBD Merangin tersebut. Dari sanalah dia mengenal sosok Syafri dan mendapatkan pelajaran. 

Menurutnya, Syafri selalu menjalankan tugasnya dengan baik. Kasus karhutla dan Covid-19 selalu menjadi perhatiannya belakangan ini. 

“Saya dua minggu yang lalu sering koordinasi beliau terkait karhutla dan Covid-19. Walaupun koordinasi tidak resmi lewat telepon, dia siap saja,” ujarnya. 

Sepengetahuannya, sebelum meninggal dunia, Syafri tidak menghadapi masalah serius. Syafri masih bersikap santai dalam menjalankan tugasnya. 

“Setahu saya tidak ada. Dia santai-santai saja saat ngobrol dengan saya. Tidak ada persoalan begitu,” ungkapnya. 

Kurang dari 24 Jam, Pelaku Pembunuhan Plt BPBD Merangin Ditangkap Polisi

Secara pribadi, Syafri dikenal sebagai orang yang sabar dan penyayang. Tidak hanya kepada, keluarga tetapi juga kepada rekannya. 

“Beliau juga orangnya fleksibel dan hambal. Mau menerima masukan, walaupun dari segi usia dia lebih tua dari pada saya. Itu yang luar biasa dari sosok beliau,” kata Bachyuni. 

Karena itu pula, Bachyuni merasa sangat kehilangan sosok Plt Kepala BPBD Merangin tersebut. 

“Saya atas nama BPBD Jambi sangat kehilangan sosok beliau. Mudah-mudahan almarhum diterima di sisi-Nya,” pungkasnya. (Sob/*)

DRadio 104,3 FM Jambi