Beranda Advertorial Tanjabbar Launching Gerakan Gemar Membaca Melalui Dongeng

Tanjabbar Launching Gerakan Gemar Membaca Melalui Dongeng

TANJABBAR, AksesJambi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Launching Gerakan Gemar Membaca melalui Dongeng. Launching ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan kearsipan Tanjabbar bekerjasama dengan SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd di Aula Kantor Desa Terjun Gajah, Kecamatan Betara, Selasa (30/07/2019).

Pada Launching ini, diprioritaskan bagi anak-anak perwakilan sekolah dasar se-Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjabbar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjabbar, Zulfikri menyampaikan bahwa launching gerakan gemar membaca melalui mendongeng ini merupakan langkah untuk merawat para generasi kedepan untuk gemar membaca buku pelajaran.

“Pesertanya sangat antusias, semoga kedepan lahir para pendongeng dan peserta yang gemar membaca,” tegasnya.

Lebih lanjut, Zulfikri mengatakan kedepan harapannya agar para peserta gemar membaca dapat mengimplementasikan bagaimana teknik mendongeng dengan baik dan dapat melahirkan pendongeng handal di Kabupaten Tanjabbar.

“Ini sebagai upaya kita melahirkan pendongeng-pendongeng handal Tanjabbar hingga tingkat budaya literasi dapat juga meningkat. Selain itu untuk menyampaikan informasi bagi anak-anak yang paling mudah dengan mendongeng,” pungkasnya.

Sementara itu, Perwakilan PetroChina, Slamet mengatakan sangat mensuport kegiatan gerakan gemar membaca melalui mendongeng yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjabbar.

“Mendongeng adalah suatu hal yang langka di era sekarang, maka dari itu untuk generasi kita harus kita ajarkan bagaimana mendongeng,” pungkasnya.

Slamet juga menambahkan kalau kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kedepannya agar senantiasa meningkatkan minat dan baca dan menerapkan kepada masyarakat banyak.

“Saat ini budaya membaca yang merupakan kebiasaan yang baik mulai kita tinggalkan. Munculnya berbagai teknologi saat ini seakan dapat menggantikan peranan buku. Begitupula bagi anak-anak, budaya membaca saat ini sudah tergantikan dengan banyak beredarnya permainan-permainan individualis diberbagai gadget,” katanya.

Selain itu, Staf Ahli Bupati Tanjabbar, Moh. Arif menyampaikan sambutan Bupati mengajak masyarakat untuk membudayakan membaca dari lingkungan terkecil di rumah masing-masing, di sekolah, perkantoran, dan diberbagai kesempatan.

“Saat ini informasi tidak saja dicari di buku namun juga bisa dicari melalui e-book dan perpustakaan digital,” katanya.

Ia mengatakan, Gerakan Nasional Gemar Membaca diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para pengelola perpustakaan desa, taman bacaan, serta masyarakat dalam peran sertanya mengembangkan perpustakaan di tempatnya masing-masing.

“Selain itu, kegiatan ini juga merupakan media yang tepat untuk mengenalkan pengelolaan perpustakaan dari sudut pandang lain yaitu perpustakaan yang lebih memasyarakat,” tutupnya

Acara workshop dihadiri oleh perwakilan SKK Migas, PetroChina international Ltd, Camat Betara, siswa/i dan para tamu undangan yang hadir serta pemateri dari komunitas kampung dongeng seloko. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi