Inilah Para Pemenang Lomba Perahu Tradisional dan Ketek Hias HUT Kota Jambi

KOTAJAMBI, AksesNews – Dalam rangka Hari Jadi ke-618 Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi dan Dirgahayu Kota Jambi ke-73, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi melaksanakan Lomba Perahu Tradisional dan Ketek Hias di Danau Sipin, Kota Jambi, Minggu (30/06/2019) sore.

Dalam penyelenggaraan tersebut, disaksikan langsung oleh Walikota Jambi, Syarif Fasha yang didampingi oleh Sekretaris Provinsi (Sekda) Provinsi Jambi, M. Dianto, Dirpolair, Pihak Kodim 0415/Batanghari dan para OPD Jambi.

Pada acara lomba ini, Lomba Perahu Tradisional diikuti 18 perahu, yang di bagi 2 tipe, yaitu tipe A sebanyak 8 perahu dan tipe B sebanyak 10 perahu. Sedangkan untuk Hias diikuti sebanyak 18 perahu.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Jambi Syarif Fasha meminta untuk tahun depan jumlah pesertanya lebih banyak lagi. Hal ini dikarenakan antusias masyarakat kota Jambi terhadap lombo perahu ini cukup tinggi.

“Catatan untuk Dinas Pariwisata, tahun depan lomba perahu ini pesertanya minimal 50 perahu untuk tipe A, minimal 50 perahu untuk tipe B dan minimal 50 ketek hias,” kata Fasha dalam sambutannya.

Adapun Pemenang Lomba Perahu Tradisional dan Ketek Hias, sebagai berikut:

Ketek Hias:

Juara 1 Danau Sipin (12 juta)

Juara 2 Alam Berajo (10 juta)

Juara 3 Legok (8 juta)

Juara 4 Telanai Pura (6 juta)

Perahu Tradisional tipe B:

Juara 1 Kec.Danau Sipin (20 juta)

Juara 2 Podsi Kota (17 juta)

Juara 3 Kab.Sarolangun (15 juta)

Juara 4 Dispora (12 juta)

Perahu tradisional tipe A:

Juara 1 KPPRD (26 juta)

Juara 2 Polres Muaro Jambi (23 juta)

Juara 3 Damkar (21 juta)

Juara 4 PDAM Tirta Mayang (19 juta)

Pembina Perahu Tipe A dari Buluran, Ikbal mengatakan kegiatan ini sukses untuk kota Jambi. Terutama penyelenggaraan ini yang pertama di selenggarakan di Danau.

“Ini bisa dijadikan event rutin yang akan datang lah, yang bisa dipakai oleh kota dan provinsi,” pungkasnya. (Alpin)