Bahas Format Angkutan Batubara 2024, Al Haris: Bisa Lewat Jalur Sungai

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi, Al Haris mendorong para pengusaha batubara agar mempercepat penyelesaian jalan khusus batubara dimana tahun 2024 mendatang diketahui banyak sekali agenda kegiatan yang akan berlangsung, dimana salah satu diantaranya adalah pelaksanaan Pemilu. 

Hal tersebut disampaikan Al Haris usai memimpin Rapat Evaluasi dan Penataan Angkutan Batubara Serta Percepatan Pembangunan Jalan Khusus, bertempat di Ruang Vicon Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jum’at (29/12/2023).

“Pada tahun 2024 kita mengetahui banyak sekali agenda terutama pemilu, kita ingin agar semuanya lancar,” kata Al Haris.

Pada intinya, Al Haris ingin membahas bagaimana format angkutan batubara pada tahun 2024, saat ini sudah banyak para pengusaha mengalihkan angkutan batubara melalui jalur sungai, karena saat ini debet air sangat memungkinkan untuk jalur sungai. 

“Kita mengharapkan sampai bulan April 2024 debet sungai Batanghari bisa bertahan tinggi dan dapat membawa batubara melalui sungai, selain itu kita mendorong para pengusaha untuk mempercepat pengerjaan jalan khusus batubara sehingga angkutan batubara dapat menggunakan jalan tersebut dan tidak melintasi jalan umum lagi,” harap Al Haris.

Selain itu, Al Haris juga menambahkan bahwa mulai saat ini Pemerintah Provinsi Jambi sudah mulai mengambil Langkah-langkah pengamanan untuk memaksimalkan angkutan air sebagai angkutan batubara terutama dalam menghadapi Pemilu 2024 ini, guna menjaga stabilitas daerah dalam pelaksanaan distribusi logistik, keamanan dan koordinasi lintas kabupaten/kota untuk Pemilu Serentak 2024.

“Dalam rangka menghadapi Pemilu ini kita mengharapkan semuanya lancar, terutama bagi caleg yang ingin bersosialisasi kedaerah, lancar, tidak menghambat perjalanan sampai kedaerah tertentu, selain itu bagi menjaga stabilitas daerah dalam pelaksanaan distribusi logistik, keamanan, dan koordinasi lintas kabupaten/kota untuk Pemilu Serentak 2024 di Provinsi Jambi berjalan dengan aman. Ini sangat penting sekali agar tidak ada kemacetan dijalan,” pungkasnya.

Rapat Evaluasi yang dipimpin Al Haris secara tertutup ini dihadiri Sekda Provinsi Jambi H. Sudirman, Danrem 042/Gapu atau yang mewakili, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Kepala Dinas PTSP Provinsi Jambi, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jambi, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Kasat Pol PP Provinsi Jambi, Kepala Biro Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Jambi, Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Jambi dan perwakilan para pengusaha batubara. 

Selain itu, rapat ini juga turut dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI yang diwakili Direktur Pembinaan Pengusahaan Batubara Ditjen Minerba Lana Saria serta para pengusaha Batubara lainnya secara Vicon. (Video Conference).

(Sapra Wintani/Foto & Vidio: Patra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here