Beranda Akses Penerimaan CPNS Jambi 2019 Batal Dilaksanakan

Penerimaan CPNS Jambi 2019 Batal Dilaksanakan

JAMBI, AksesNews – Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi batal dilaksanakan, akibat tak mendapatkan kuota formasi tahun 2019 ini dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB).

Keputusan tersebut berdasarkan hasil pengumuman dari Kemenpan RB yang diterima oleh Pemprov Jambi. Tahun 2019 ini, dipastikan Pemprov Jambi batal menerima CPNS, karena tidak mendapat kuota formasi pegawai yang telah diajukan ke Pemerintah Pusat.

BACA JUGA: Penerimaan CPNS Jambi 2019, Formasi Guru Masih Sangat Dibutuhkan

Gubernur Jambi melalui Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah mengatakan awalnya Pemprov Jambi, berencana untuk menerima CPNS tahun 2019 ini sebanyak 350 formasi yang diusulkan, formasi tersebut sebagian besar merupakan tenaga kependidikan dan kesehatan.

“Kita mengajukan kepada Kemenpan RB, keputusan di kementerian untuk penerimaan CPNS tahun 2019 tidak ada. Ini keputusan Kemenpan RB, kita provinsi ikut saja,” kata Johansyah saat dikonfirmasi AksesJambi.com, Selasa (29/10/2019).

Sepertinya para pelamar yang sudah bersiap-siap untuk mendaftar di Pemprov Jambi tahun 2019 ini harus bersabar sampai tahun depan, karena Pemprov Jambi baru akan menerima CPNS kembali pada tahun 2020 mendatang. “Kita provinsi akan menerima formasi CPNS sekitar bulan Oktober 2020,” sebutnya.

BACA JUGA: Ratusan ASN Pensiun, Pemprov Jambi Usulkan 350 Formasi CPNS 2019

Saat ditanya alasannya karena ada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi, sehingga anggaran penerimaan CPNS dialihkan. Menurut Johansyah, Pemprov Jambi telah menyiapkan anggaran khusus untuk pelaksanaan CPNS 2019 ini. “Untuk dana pelaksanaan kita sudah siapkan,” katanya.

Namun jangan khawatir untuk kabupaten/kota di Provinsi Jambi, kata Johansyah, tak terganggu dan tetap akan melaksanakan seleksi CPNS sesuai kebutuhan yang sudah diterima oleh masing-masing daerah dan sudah diumumkan oleh Kemenpan RB.

BACA JUGA: Penerimaan CPNS 2019, BKN Sediakan 152.286 Formasi

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Husairi membenarkan Pemprov Jambi batal melaksanakan penerimaan CPNS pada tahun 2019, karena tak mendapat kuota dan kemungkinan baru akan merekrut CPNS pada 2020 mendatang.

“Ini merupakan kewenangan dari Kemenpan RB, hanya untuk Provinsi Jambi saja. Namun di kabupaten/kota sudah diumumkan saat ini. Ada sekitar 5 atau 6 provinsi lainnya yang seperti itu. Jambi diminta untuk lebih ditata lagi kepegawaiannya,” jelasnya.

Lanjutnya, pada tahun 2020 nanti bisa saja akan ada dua kali penerimaan CPNS, yaitu di bulan Februari dan pertengahan tahun. Informasi yang dapat sampai saat ini, beberapa Kabupaten/kota di Jambi sudah mengumumkan kepastian kuota dan jumlah formasi CPNS tahun 2019 ini. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi