Beranda Akses Sekda Singgung Penggunaan Nama “Jamtos” Harus Diperjelas

Sekda Singgung Penggunaan Nama “Jamtos” Harus Diperjelas

JAMBI, AksesNews – Sekretaris (Sekda) Provinsi Jambi, M. Dianto, menyebutkan, agar di tempat-tempat umum seperti di Swalayan, Mall, Restoran, Bandara, Bioskop, yang masih banyak menggunakan bahasa asing agar mengutamaan penggunaan Bahasa Indonesia.

“Apapun namanya, slogan atau nama tempat umum dan tempat yang banyak dikunjungi masyarakat, misalnya Jambi Town Square (Jamtos), supaya Pimpinannya untuk memperjelas Jambi Town Square itu dengan bahasa Indonesia,” kata Sekda, Minggu (28/10/2018) kemarin.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi saat ini terus berupaya dan bersinergi dengan semua pihak terkait, untuk meningkatkan penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, terutama di tempat umum dan tempat-tempat yang sering dikunjungi masyarakat.

“Kita upayakan, kita sosialisasikan juga dengan pihak swasta dan seluruh pihak yang berkepentingan termasuk dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, supaya kedepan terus menggalakkan penggunaan Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Dinas Pendidikan dengan Lembaga Bahasa Indonesia, dengan berbagai elemen terkait terutama Pemerintah Kabupaten dan Kota, mengupayakan agar ruang publik dan tempat-tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat Jambi untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus menyatakan, selain penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar di ruang publik, juga dilihat dari produk hukum, mulai dari Peraturan Daerah (Perda), Pergub, sampai penggunaan dalam tata naskah dinas.

“Saat ini, kami sedang menyusun Perda sebagai dokumen penunjang penggunaan bahasa Indonesia di setiap ruang publik, masih terdapat beberapa hal yang masih harus diperbaiki, untuk penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik,” pungkasnya. (Hms/Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi